Polda Bali dan Unud Lakukan Penelitian Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan Polri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, didampingi Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. dan Kabidkum Polda Bali Kombes Pol. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum. menerima kunjungan Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), Selasa (19/12/2017), sekitar pukul 09.00 Wita. Pertemuan yang berlangsung di ruang tamu Kapolda Bali itu membahas tentang rencana penelitian bersama dengan judul penelitian “Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Aparatur Kepolisian Polda Bali”.

WhatsApp Image 2017-12-19 at 22.15.47Selama setahun menjabat sebagai Kapolda Bali berbagai kebijakan dan program kerja telah dilakukan untuk menjaga keamanan Bali. Salah satu program kerjanya adalah pemberantasan narkoba dan premanisme dengan membentuk Satgas CTOC (Counter Transnational and Organized Crime) dan Tim Sabata. Terbukti Satgas ini mampu mengungkap sejumlah kejahatan teroganisir, sehingga situasi Bali saat ini tetap aman dan nyaman. Namun dari semua itu, tidak semua masyarakat Bali setuju atas capaian kinerjanya, tentu ada yang pro dan kontra.

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat Bali, Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan keinginannya untuk melakukan penelitian bersama antara Polda Bali dengan Unud. Dijelaskannya secara akademik, Unud tetap menjadi mentor selama proses penelitian berlangsung.

“Saya ingin mengetahui tingkat kepuasan masyarakat Bali atas pelayanan Polri selama kepemimpinan saya. Hasil penelitian akan dijadikan refrensi dalam meningkatkan Kepolisian RI khususnya Polda Bali untuk mencapai standar polisi kelas dunia,” ucap jenderal bintang dua di pundak ini.

Menanggapi penyampaian Kapolda, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K). menyampaikan terima kasih dan mengaku senang atas dilibatkannya Unud dalam penelitian tersebut. Pihaknya juga bersedia bermitra dengan Polda Bali secara berkelanjutan dan akan segera membentuk Tim Peneliti.

“Dalam pelaksanaan penelitian, Tim Peneliti akan membahas tentang leadership dan kinerja Polda Bali selama kepemimpinan Kapolda. Outcome-nya adalah public trush (kepercayaan masyarakat) terhadap Polda Bali,” terang Rektor Unud.

Kemudian, jenderal lulusan Akpol tahun 1988 ini meminta secara khusus kepada pihak Unud agar lebih banyak melakukan penelitian di bidang aspek kinerja, terutama lebih melihat Polda Bali sebagai Civilian Police di era reformasi. Untuk mempermudah dan mempercepat proses penelitian, Polda Bali siap memberikan data maupun informasi yang nantinya dibutuhkan oleh Tim Peneliti Unud.

“Apapun hasil penelitian tersebut agar disebarluaskan ke masyarakat luas. Kemudian, hasil dari penelitian ini juga dapat bermanfaat bagi kemajuan Polda Bali dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” imbuhnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password