Antisipasi Kelangkaan Sembako Polsek Putusibau Selatan Operasi Pasar

Tribaratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Dengan dipimpin langsung Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan melakukan pengecekan harga sembako dalam rangka menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 ditoko-toko yang ada diwilayah Kecamatan Putussibau Selatan, Senin (18/12/2017).

Adapun menjadi sasaran pengecekan antara lain yaitu Toko ELIZABETH, Toko SINAR JATI, Toko RIRIS, Toko KARUNIA dan Gudang CV MENTARI.

Kapolsek Putussibau Selatan Ipda Cahya Purnawan mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya pengecekan harga-harga sembako adalah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan Kenaikan harga bahan Pokok, mengantisipasi terjadinya penimbunan bahan pokok dan mengecek ketersediaan bahan pokok menjelang natal dan tahun baru, ujar Ipda Cahya Purnawan.

“Dari hasil pengecekan untuk harga sembako diwilayah Kecamatan Putussibau Selatan sampai saat ini masih terjangkau oleh masyarakat, saat ini belum ada gejolak kenaikan harga sembako sehingga untuk daya beli masyarakat masih relatif normal,” ucap Kapolsek Putussibau Selatan.

Ipda Cahya Purnawan menambahkan, bahwa secara umum ketersediaan Bahan Pokok masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai dengan Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dan
Harga bahan pokok seperti gula pasir, minyak goreng, ayam potong, bawang merah dan beras kenaikannya tidak terlalu signifikan berkisar dari Rp 1000,- s/d Rp 4000,- sedangkan harga kebutuhan lainnya seperti Mentega,Tepung Terigu, Garam, Cabai, Micin, Kacang, Kecap Manis, susu kaleng, air mineral stabil tidak ada kenaikan harga, terang Ipda Cahya Purnawan.

Selain itu, Ipda Cahya Purnawan mengatakan tidak ditemukan adanya oknum pedagang yang memanfaatkan momen Natal 2017 dan Tahun baru 2018 untuk memain-mainkan harga bahan pokok dan atau melakukan penimbunan bahan pokok kebutuhan masyarakat dan Distribusi bahan pokok dari distributor kepada para pedagang masih berjalan baik belum ditemukan kendala, jelas Kapolsek.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Putussibau Selatan memberikan himbauan kepada para pedagang / pemilik toko agar barang-barang yang sudah Kadarluarsa atau mendekati Kadarluarsa agar tidak dipajang/dijual lagi, tidak melakukan penimbunan bahan pokok, tidak menaikkan dan memainkan harga bahan pokok serta tetap menjaga stabilitas harga bahan pokok. Kami dari pihak Kepolisian akan mengambil tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku apabila ditemukan adanya para pedagang / pemilik toko melakukan hal tersebut diatas, terang Ipda Cahya Purnawan.

Penulis : Henri
Editor   : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Dikta

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password