Keakraban Kapolres dan Ulama, Merekatkan Sinergitas dan Wujudkan Stabilitas Kamtibmas

001. habib syeikh

Tribratanews.polri.go.id – pOlda Jatim – Polres Banyuwangi –  AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si Kapolres Banyuwangi menjabat sebagai Kapolres di Kabupaten yang mendapat sebutan “sun rise of java” sekitar dua minggu sejak tanggal 4 Desember 2017, melaksanakan Apel Bersama dengan Kapolres lama AKBP Agus Yulianto., S.I.K., S.Sos., M.Si. ada kisah yang perlu dicatat.

Polres Banyuwangi berada di wilayah yang merupakan basis masa nahdhiyin. Sebagian besar penduduk Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah muslim. Bagi AKBP Donny Adityawarman yang baru menjabat sekitar dua minggu sebagai Kapolres Banyuwangi, ada kisah yang perlu dicatat.

Mendapatkan penempatan tugas di Banyuwangi merupakan amanah yang harus dijaga dan dijalankan sebaik-baiknya. Perihal adaptasi, bukanlah sesuatu yang menjadikan suatu kekhawatiran. Pasalnya, AKBP Donny Adityawarman adalah sosok yang sangat religius, senang menjalin komunikasi antar instansi, di hari pertama menjabat sudah melakukan kunjungan kerja ke semua pejabat Forkopimda dan berkunjung ke sejumlah tokoh agama dan pondok pesantren di Banyuwangi.

001. blokagung

“Saya merasa sangat bangga dan beruntung bisa ditugaskan di Banyuwangi bertepatan dengan peringatan hari jadi Banyuwangi,” ujar Kapolres Banyuwangi saat berada di ruang tunggu Bandara Blimbingsari Banyuwangi, Selasa (19/12).

Bukanlah sesuatu yang mengherankan jika mantan Kapolres Trenggalek ini nyaris tidak pernah absen hampir setiap hari selalu meluangkan kesempatan untuk keliling bersilaturahmi, membangun komunikasi dalam upaya menjalin kedekatan demi sinergitas, bersatunya antara ulama dan umaroq guna mewujudkan Banyuwangi yang aman, kondusif.  Bukan karena tugas, namun AKBP Donny mengaku memang dari kecil dididik agamis oleh orang tuanya.

Membangun kedekatan umaroq dan ulama sangatlah penting. AKBP Donny menyadari akan hal tersebut, beliau menyampaikan bahwa antara ulama dan umaroq mempunyai kedudukan yang sama pentingnya dalam kehidupan masyarakat.

“Dalam menjalin sinergitas, umaroq atau pemimpin haruslah mempunyai kesadaran untuk sowan silaturahmi (mendatangi) ulama. Oleh karena kesadaran tersebutlah pada awal saya memimpin Polres Banyuwangi berusaha untuk sowan kepada para alim ulama dan tokoh agama yang ada di Banyuwangi. Kedekatan itu haruslah terus berlanjut, dengan meluangkan waktu kesempatan bersilaturahmi ke pesantren-pesantren yang ada di Banyuwangi, “ tutur Kapolres Banyuwangi.

a1

Hari ini Kapolres telah melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren terbesar di Banyuwangi yaitu Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Tegalsari yang di asuh oleh ulama kharismatik dan sangat berpengaruh K.H. Hisyam Syafa’at, selesai kunjungan di pondok pesantren tersebut Kapolres Langsung melanjutkan sowan kepada K.H. Maskur Ali Musa pengasuk Pondok Pesantren Ibnu Sina, di Jalen, Genteng.

Yang sebelumnya Kapolres Banyuwangi juga telah berkunjung ke Pondok Pesantren Manbaul Ulum Dusun Krajan Desa Wringinputih Kecamatan Muncar dengan Pengasuh Ponpes K.H. Baidowi Iskandar dan Gus Muhammad Yusuf Nur Iskandar yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Yus (mantan Wakil Bupati Banyuwangi).

Seakan-akan tidak kenal rasa lelah AKBP Donny, setelah berkunjung ke beberapa pondok pesantren beliau masih menyempatkan diri untuk menjemput Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf di Bandara Blimbingsari. Kedatangan Ulama yang biasa dipanggil dengan sebutan Habib Syech tersebut dalam rangka akan mengisi kegiatan  peringatan Hari Jadi Banyuwangi ke 246, Banyuwangi Bersholawat yang dipusatkan di Lapangan Stadion Diponegoro Banyuwangi pada Selasa, (19/12) pukul 19.00 Wib.

“Untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan ulama tiada kata lelah dan capek. Ulama merupakan penerus para Nabi, doa ulama menjadikan energi dan kekuatan dalam menjalankan amanah memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Doa ulama bisa menentramkan umat, “ tutup AKBP Donny Adityawarman.

Penulis : Setyo Bakti.19.12 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password