Menjelang Natal Dan Tahun Baru 2018 Tiga Kanit Polsek Batang Lupar Intensifkan Dalam Melakukan Pengecekan Sembako

Tribatanews.polri.go.id Polda Kalbar, Polres Kapuas Hulu – Guna menginventarisir ketersediaan dan dinamika permasalahan komoditi pangan jelang Natal dan Tahun Baru maka oleh sebab itu jajaran Polsek Batang Lupar Polres Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan patroli dialogis cek harga komoditi sembako dipasar tradisional dan pertokoan setempat. Menjelang natal dan tahun baru 2018 yang menimbulkan kecemasan bagi warga masyarakat Lanjak umumnya kecamatan Batang Lupar, pasalnya pada setiap hari – hari besar terjadi kenaikan dan kelangkaan harga sembako yang sangat signifikan, Selasa (19/12/2017).

Guna mengantisipasi terjadinya kenaikan dan kelangkaan sembako menjelang Natal dan tahun Baru 2018 serta mencegah masuknya barang ilIegal dari negara Malaysia, Kapolsek Batang Lupar Ipda Rajiman dalam melakukan operasi pasar tersebut memerintahkan kepada para Kanit diantaranya Kanit Intel Aipda Suryadi, Kanit Reskrim Bripka Tiyono dan Kanit Sabhara Bripka Chairul Sakti. H serta beberapa Anggota Polsek Batang Lupar dengan cara menyambangi, melakukan pengecekan terhadap barang -barang sembako yang berada di toko-toko di Kecamatan Batang Lupar disamping itu para Kanit Polsek Batang Lupar juga berdialog dengan pedagang disetiap blok pasar mulai dari pedagang sembako hingga para pedagang sayur.

Ketika permintaan terhadap bahan pokok meningkat maka sudah pasti harga akan meningkat pula, terlebih dibeberapa tempat yang transportasinya sulit, sudah pasti harga kebutuhan akan lebih tinggi dan ketersediaan bahan pokok tidak dapat memenuhi kebutuhan yang ada.

Dari hasil pengecekan dan pemantauan dibeberapa tempat diperoleh bahwa harga sembako yang berada diwilayah hukum Polsek Batang Lupar masih relatif stabil dan stok bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masih tersedia, namun hanya beberapa saja sembako yang mengalami kenaikan akan tetapi tidak berpengaruh terhadap masyarakat, pada saat dalam pengecekan tersebut terdapat adanya kelangkaan pada tabung gas elpiji 3 kg subsidi akan tetapi dalam waktu dekat dapat terpenuhi, terang Rajiman

Kapolsek Batang Lupar melalui Kanit Reskrim meminta kepada para pedagang yang berada ditoko-toko dan para pedagang dipasar lokal Kecamatam Batang Lupar agar senantiasa membantu Pemerintah Kab. Kapuas Hulu dalam menjaga stabilitas harga sembako dan selalu membatasi setiap pembelian tabung gas elpiji tersebut.

Pengecekan harga sembako akan selalu di lakukan oleh pihak Polsek Batang Lupar secara rutin dan terus menerus untuk mengantisipasi adanya permaianan harga oleh para pedagang ataupun spekulan spekulan yang memanfaatkan situasi menjelang perayaan natal dan tahun baru 2018, terang Rajiman.

“Terimakasih kepada pak polisi atas kunjunganya dipasar dan toko-toko semoga dapat lebih dekat sehingga terjalin silaturahmi dan membawa keberkahan, hal yang sama juga disampaikan oleh Saudara Widodo pedagang sembako dan klontong. Hadirnya polisi ditengah-tengah pedagang semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat.

“Kedatangan dan terjalinya kemitraan antara polisi dan warga pasar sehingga tercipta hubungan harmonis dalam menjaga kamtibmas kondusif dan juga kami dapat menyampaikan saran pendapat,” ucapnya.

Penulis : Tiyono Ershi
Editor : Alfian N/Nanang Purnomo
Publish : Bunga Asri P

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password