Bersatunya Ulama dan Umaroq, Menciptakan Banyuwangi Aman Kondusif

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Pada awal pelaksanaan dinasnya di Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si Kapolres Banyuwangi memulai dengan melakukan kunjungan silaturahmi ke Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) seperti  DPRD Kabupaten Banyuwangi, Dandim 0825 Banyuwangi, Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi, Kepala Kejaksaan Negeri Banyuwangi dan Bupati Banyuwangi. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperkenalkan diri selaku pejabat baru di Polres Banyuwangi sekaligus silaturahmi menjalin kerjasama sebagai bagian dari Forkopimda agar dapat bersinergi dan berjalan beriringan bersama membangun Banyuwangi mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman kondusif , menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kabupaten Banyuwangi.

Setelah berkunjung kepada Forkopimda tersebut dilanjutkan road show ke  beberapa tempat,  hari ini AKBP Donny berkunjung ke beberapa lokasi, kini giliran Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung menjadi tujuan Kapolres Banyuwangi. K.H. Mukhtar Syafa’at Abdul Ghofur adalah sebagai tokoh utama pendiri Pondok Pesantren Darussalam ini, beliau adalah orang yang arif dan bijaksana, dikagumi masyarakat dan diikuti semua fatwanya, sehingga hal ini menambah keharuman nama beliau yang mulia dikalangan masyarakat. Akhirnya tepatnya pada hari Jum’at malam Sabtu tanggal 17 Rojab 1411H / 02 Pebruari 1991 jam : 02.00 Wib beliau berpulang ke Rahmatullah  dalam usia 72 tahun. Dan setiap tanggal 17 Rojab dilaksanakan haul untuk mengenang jasa-jasa beliau. Untuk perkembangan pesantren selanjutnya di teruskan oleh putra pertama beliau yaitu K.H. Ahmad Hisyam Syafa’at.

Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren di Kecamatan Tegalsari tersebut, AKBP Donny Adityawarman menyampaikan bahwa hal ini dilakukan dalam rangka untuk bersilaturahmi, membangun komunikasi sekaligus mohon doa dari para alim ulama dan para tokoh agama yang ada di Banyuwangi.

“Kunjungan kali ini sama halnya dengan yang sudah kita lakukan sebelumnya dibeberapa tempat yaitu dalam rangka bersilaturahmi dengan para alim ulama, tokoh agama, dalam kesempatan kali ini,  kita berkunjung di kediaman K.H. Hisyam Syafa’at selaku pengasuh Ponpes Darussalam,” tutur Kapolres Banyuwangi.

Dalam kunjungan tersebut Kapolres Banyuwangi tidak sendirian, namun ikut hadir para pejabat utama Polres Banyuwangi untuk mendampingi orang nomer satu di jajaran Polres Banyuwangi ini, terlihat dalam rombongan tersebut antara lain AKP Bambang Agus T.B., S.H. Kasatintelkam Polres Banyuwangi,  AKP  Ris Andrian Yudho Nugroho., S.H., S.I.K. Kasatlantas Polres Banyuwangi, Ipda Sukirman., S.H. Kasipropam Polres Banyuwangi, Ipda Toufan Akbar Kanitpatroli Satlantas Polres Banyuwangi dan  Ipda Bambang Darmono., S.H. Kanit V Satintelkam Polres Banyuwangi dan Kapolsek Tegalsari AKP Bambang. Sebagai pejabat baru di Kabupaten Banyuwangi, Kapolres memperkenalkan diri kepada K.H. Hisyam Syafa’at dan juga mohon dukungan, doa dalam menjalankan amanah sebagai pimpinan Polri di Kabupaten Banyuwangi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga rasa aman dan nyaman bisa dirasakan oleh masyarakat Bumi Blambangan.

d4d49f27-a738-4bac-876e-18cf6917af9b

“Pak Kyai mohon doanya,  sehingga kami dan semua anggota Polres dan Polsek dalam menjalankan amanah menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Banyuwangi bisa kami jalankan sesuai dengan konstitusi dan harapan warga Banyuwangi guna terciptanya Banyuwangi yang  aman dan kondusif, hubungan antar warga selalu dalam suasana rukun damai, dalam kebersamaan,” lanjut AKBP Donny.

K.H. Hisyam Syafa’at yang merupakan putera dari K.H. Mukhtar Syafa’at Abdul Ghofur, kyai khos yang sangat besar pengaruhnya di kalangan warga Banyuwangi. Beliau  menyampaikan bahwa dalam urusan keamanan, ketertiban masyarakat dirinya akan selalu dirinya senantiasa mendukung semua langkah dari Kapolres dalam upaya mewujudkan kondusifitas, stabilitas Kamtibmas di Banyuwangi terutama menjelang digelarnya pesta demokrasi Pilkada serentak tahun 2018.

“Kami percayakan kepada pihak kepolisian untuk urusan keamanan di Banyuwangi. Kami bersama warga masyarakat lainnya pasti dan akan selalu memberikan dukungan sepenuhnya terhadap langkah-langkah dari Bapak Kapolres dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” lanjut K.H. Hisyam Syafa’at. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menjalin komunikasi demi sinergitas, bersatunya antara ulama dan umaroq guna mewujudkan Banyuwangi yang aman, kondusif.

Penulis : Setyo Bakti.1912 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password