Berbagi Kasih Jelang Natal dan Tahun Baru, Kapolres Gowa Santuni Anak Yatim

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Inisiatif Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga untuk berbagi kasih dan kebahagiaan dalam rangka Natal dan Tahun Baru terus dilaksanakan. Setelah sehari sebelumnya berbagi kasih dengan para Nenek dan Kakek di Panti Jompo Werda di Desa Romangloe Kec. Bontomarannu Kab. Gowa, Senin (18/12/17) sore, Kapolres kembali mengajak keluarga Kristen Polres Gowa untuk mengunjungi salah satu Panti Asuhan yang ada di Kec. Parangloe.

Kali ini Kapolres Gowa didampingi oleh Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Gowa mengunjungi anak–anak yang berada di Panti Asuhan An–Naml yang berlokasi di Jalan Poros Malino KM 26 Samaya Desa Romangloe Kec. Bontomarannu Kab. Gowa dengan harapan dapat berbagi kasih dan kebahagiaan.

Dan dalam giat tersebut dihadiri oleh sekitar 35 orang anak yang terdiri dari 20 orang anak laki–laki dan 15 anak perempuan. Dari ke-35 orang tersebut anak berusia mulai dari 8 tahun sampai 16 tahun.

Menurut Ketua LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) An–Naml Drs. Rustam Jabbar, dalam Panti Asuhan terdiri dari anak–anak yang berlatar belakang yatim, piatu, yatim piatu, korban penelantaran, fakir dan miskin, serta korban KDRT.

Selain menanggung sandang dan pangan, Panti Asuhan An – Naml juga senantiasa memperioritaskan hak anak yakni hak untuk memperoleh ilmu. Adapun anak berusia paling muda kini bersekolah SD kelas 1, dan yang tertua bersekolah SMA kelas 3.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres beserta Ibu menawarkan diri untuk melihat kamar yang disediakan untuk anak–anak di Panti Asuhan An – Naml. Adapun kondisi kamar antara anak laki–laki dan perempuan dipisahkan.

Selain dihadiri oleh Bapak Kapolres Gowa beserta Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Gowa, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kapolsek Bontomarannu Akp Robert Naro, personil Polsek Bontomarannu, Kepala Desa Romangloe Muh. Azis Dg Nai, serta Keluarga Kristen Polres Gowa.

Diakhir kesempatan, Kapolres Gowa mengajak anak–anak panti yang bercita–cita ingin menjadi Polisi untuk berfoto bersama. Usai sesi foto, maka rombongan kembali menuju ke Polres Gowa.

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya. (HR al-Bukhari no. 4998 dan 5659)

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam al-Bukhari rahimahullah mencantumkannya dalam bab: Keutamaan Orang Yang Mengasuh Anak Yatim.

Disalin dari almanhaj.or.id berikut beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits diatas :

  • Makna hadits ini: orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  • Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar.
  • Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak itu mencapai usia dewasa.
  • Keutamaan dalam hadits ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim dari harta orang itu sendiri atau harta anak yatim tersebut jika orang itu benar-benar yang mendapat kepercayaan untuk itu.
  • Demikian pula, keutamaan ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim yang punya hubungan keluarga dengannya atau anak yatim yang sama sekali tidak punya hubungan keluarga dengannya.

Penulis : Harmeno

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password