Kapolda Sulut Pimpin Rakor Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Polda Sulawesi Utara menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan dan kesiapan Operasi Kepolisian bersandikan ‘Lilin-2017’, yang digelar di aula Tribrata Mapolda Sulut, Selasa (19/12/2017).

Rapat yang dipimpin Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Bambang Waskito ini, dihadiri oleh seluruh Forkopimda Sulawesi Utara, seluruh stake holder terkait, Pejabat Utama Polda dan para Kapolres/ta jajaran.

Menurut Kapolda, budaya Natal dan Tahun Baru di Sulawesi Utara telah menjadi sebuah momen Hari Besar yang disertai dengan waktu libur sekolah yang cukup panjang, sehingga dimungkinkan akan terjadi mobilisasi massa dan kendaraan dari satu kota menuju kota lainnya.

Waktu libur yang panjang juga tentunya akan meningkatkan konsumsi masyarakat, sehingga dibutuhkan kesiapan dalam mengamankan ketersediaan bahan pokok disertai dengan menjaga stabilitas harga di pasar.

Menyikapi hal tersebut, Kapolda Sulut mengajak seluruh stake holder terkait agar saling bersinergi, mengambil langkah-langkah anstisipasi.

Polda Sulut sendiri akan menggelar operasi Lilin-2017 selama 10 hari terhitung mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018.

“Operasi ini akan melibatkan instansi terkait lainnya, dimana Polri akan mengedepankan Satgas Turjawali, Kamseltibcarlantas, Lidik Sidik dan Satgas Pangan,” kata Kapolda.

Beliau juga menjelaskan beberapa potensi kerawanan yang menjadi atensi Polri dalam menghadapi pengamanan Natal dan Tahun Baru, diantaranya aksi terorisme, kondisi kamseltibcarlantas, seperti kemacetan dan kondisi jalan.

Selain itu potensi kejahatan konvensional yang dapat bertambah seiring dengan meningkatnya aktifitas dan kegiatan masyarakat di hari libur nanti.

Kapolda juga mengingatkan agar ditingkatkan pengamanan pada tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, bandara, pelabuhan, termasuk kesiapan moda transportasi massa.

Terkait dengan cuaca ekstrem yang terjadi di belakangan ini di daerah Sulawesi Utara, Kapolda juga mengingatkan kesiapan dalam menghadapi dan mengantisipasi kondisi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Beliau juga berharap kesiapan instansi lainnya dalam menyongsong Natal dan Tahun Baru, seperti stok BBM kendaraan, kesiapan jalur, kesiapan pelayanan kesehatan, hingga ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password