Polres Sanggau ikuti Vicon dengan Kapolri

Tribratanews.polri.go.id – Polda Kalbar – Polres Sanggau – Kapolres Sanggau AKBP Rachmat Kurniawan, SH, S.IK, M.M dan para Pejabat Utama Polres Sanggau melaksanakan Video Conference (Vicon) dengan Kapolri terkait Kesiapan Natal dan Tahun baru 2017-2018, Senin (18/12/2017)

Dalam Vicon tersebut, Kapolri menyampaikan bahwa dalam menyambut perayaan Natal 2017 dan Tahun baru 2018 Polri akan melaksanakan Ops Lilin 2017 yang akan dimulai sejak tanggal 22 Desember 2017 s/d 02 Januari 2018.

Menurut Kapolri adapun yang mengacu pada dasar pelaksanaan Operasi Lilin 2017 terhadap beberapa peristiwa pada tahun 2001 terkait terorisme pada malam perayaan natal, “dan dengan melaksanakan operasi diharapkan dapat mencegah aksi/gangguan terorisme, ” ucapnya.

Dalam amanatnya juga beliau menyampaikan “fokus utama Polri adalah antisipasi terorisme dalam perayaan natal dan tahun baru, lakukan kegiatan preemtif strike, belum ada ancaman dari kelompok radikal/lone wolf namun perlu dilakukan langkah langkah antisipasi dan sudah ada penangkapan dan penahanan pelaku terorisme yang melakukan aksi dan jaringannya akan ada penindakan lanjutan kepada jaringan terorisme”.

Pada kesempatan tersebut Menko Maritim juga memberikan himbauan diantaranya mengharapkan agar bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh negara, masyarakat dan pemerintah. “sangat baik kegiatan integrasi antar instansi dalam menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, setiap daerah agar lakukan koord secara terpadu seluruh forkopimda dan lakuakn cek ke bawah, posisi bencana gunung agung di bali hanya radius 10 km selebihnya dalam radius aman, perlu dilakukan preemtif strike terhadap pelaku terorisme” ujarnya

Menjelang perayaan natal dan tahun baru permintaan bahan pangan dapat dipastikan meningkat. Dan Adanya gangguan stabilitas pangan terjadi karena ada permainan kartel ekonomi. Harus dipenuhi keperluan daging, beras, kedelai dan gula putih. Perlu dilakukan penanganan terhadap kartel ekonomi yang melakukan penyimpangan oleh satgas pangan dan diamankan jalur distribusi pangan.

Libur panjang serta cuti bersama natal dan tahun baru dapat berpotensi kerawanan arus mudik dan balik, perlunya penanganan titik titik rawan kemacetan jalur arus mudik dan balik.

Dalam amanatnya juga Kapolri menambahkan “lakukan penegakan hukum terhadap pelaku penyedia petasan dan tidak ada bunyi petasan selama natal dan tahun baru” tambahnya.

Penulis : M. Aulia
Editor : Alfian Nurnas / Nanang. P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password