Bripka Budi Prayitno Bantu Tim Dinas Pertanian, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas Lakukan Vaksin Rabies di Desa Balai Gemuruh

Tribratanews.polri.go.id, polda kalbar, polres sambas, polsek Subah, Jum’at (15/12/2017) menanggapi adanya informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas terkait adanya warga dari Kecamatan Subah yang digigit anjing yang terinfeksi virus rabies, sekitar pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 15.00 wib telah dilakukan observasi dan vaksinasi anti rabies oleh Tim Dinas Pertanian, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas terkait kejadian tersebut.

Petugas Pelaksana dalam kegiatan tersebut yaitu Bripka Budi Prayitno, anggota Polsek Subah, Hermawan, Drh. Maria Grasia, Agusmanto, Purwadi, masing – masing dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sambas, Saudara Toni mewakili Puskesmas Subah dan Saudara Andi yang mewakili dari Pemerintahan Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah.

Bripka Budi Prayitno, anggota Polsek Subah yang pernah mengikuti Bimtek Vaksinator Zoonosis bukan September 2017 dan merupakan kader vaksinasi anti rabies dari pihak Kepolisian di Kecamatan Subah, menerangkan bahwa kegiatan observasi itu meliputi. Pertama, Melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah, Bapak Andas terkait warganya yang digigit anjing liar yang diduga terinfeksi rabies. Kedua, melakukan pengecekan terhadap warga Desa Balai Gemuruh yang terserang gigitan anjing liar yang diduga terinfeksi rabies, yaitu Muhammad Riska Anugerah, umur 11 tahun, Dusun Sempata Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah. Sudah dilakukan Vaksinasi Anti Rabies (VAR) di RSUD Sambas dan Anastastia Kinu, Umur 41 tahun, Dusun Sempata Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah. Sudah dilakukan Vaksinasi Anti Rabies (VAR) di Puskesmas Subah. Ketiga, melakukan pengecekan lokasi, tempat dimana anjing yang terinfeksi rabies tersebut dan mencari data-data pendukung lainnya, apakah ada hewan lain yang juga di gigit oleh anjing tersebut.

Selain itu, tim juga melakukan vaksinasi terhadap kucing maupun anjing di Kampung Senibung Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah untuk mencegah terjadinya penularan, antara lain kucing berjumlah 11 ekor dan anjing berjumlah 11 ekor.

Adapun saran dan kesimpulan dari kegiatan tersebut, Bripka Budi menjelaskan, Dinas terkait akan melakukan vaksinasi secara masal di Desa Balai Gemuruh Kecamatan Subah untuk menekan penularan akibat gigitan anjing yang terinfeksi rabies. Melakukan pemantauan terhadap korban gigitan anjing dan melakukan pemberian vaksin sesuai jadwal yang telah di tentukan. Masyarakat diharapkan berperan aktif dalam kasus gigitan anjing yang terinfeksi rabies dengan cara Menginformasikan kejadian tersebut kepada pihak terkait cq. Puskesmas Subah. Pada saat dilakukan vaksinasi oleh Dinas terkait, diharapkan masyarakat proaktif dengan cara mengikat anjing peliharaannya sehingga mudah untuk diberikan vaksin. Terangnya

Penulis : Budi Prayitno
Editor : Alfian/Nanang.P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password