AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si Menerima Kunjungan Kerja Konjen Australia

001. konjen.a

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Banyuwangi letaknya sangat strategis karena dekat dengan Bali. Banyuwangi juga indah dengan berbagai keindahan kekayaan wisata alam dan wisata budaya yang dimilikinya menjadikan Banyuwangi sebagai destinasi kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Potensi Kabupaten Banyuwangi sebagai daerah yang kaya akan adat, tradisi, budaya masyarakatnya juga memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Selain itu Banyuwangi terkenal sebagai kota yang nyaman, aman dengan nilai-nilai kearifan lokal dengan segala potensi yang dimiliki, tentu mengundang banyak investor dari berbagai negara termasuk Australia untuk datang berinvestasi. Hal tersebutlah yang membuat Konjen Australia Chrish Barner datang berkunjung ke Banyuwangi.

Konjen Australia Chrish Barner berkunjung dan bertemu dengan Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si di ruang kerja Kapolres Banyuwangi, selain bersilaturahmi juga dalam rangka memastikan bahwa Banyuwangi benar-benar daerah yang aman dan nyaman serta cocok bagi iklim investasi jangka panjang ke depannya.

“Kabupaten Banyuwangi terdiri dari 25 kecamatan, karakteristik masyarakat cukup dinamis dan mayoritas islam yang sangat toleran dengan masyarakat non muslim. Issu santet sudah jauh ditinggalkan dan sekarang Banyuwangi sudah jauh berkembang pesat untuk siap menerima kunjungan tourism ke Banyuwangi, “ AKBP Donny menyampaikan gambaran sosial kultur warga Bumi Blambangan kepada Barner.

Kapolres Banyuwangi melanjutkan jika angka kriminalitas relatif rendah dan wilayah Banyuwangi cukup kondusif aman dan nyaman. Dalam kejadian erupsi Gunung Agung kemarin Polres Banyuwangi dan Polres Jajaran Polda Jatim lainnya atas nama Polda Jatim telah ikut membantu mengirimkan bantuan kebutuhan bahan pokok bagi para pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Agung tersebut.

“ Kunjungan saya kali ini, selain untuk mengetahui kondisi Banyuwangi secara langsung, juga untuk memastikan kira-kira investasi apa yang cocok untuk kami tawarkan kepada para pengusaha di Australia nanti agar mereka datang ke Banyuwangi, “ ucap Chris Barner di sela-sela kunjungannya di Polres Banyuwangi tersebut.

001. konjen australia

Kedatangannya di Banyuwangi selain untuk mengetahui faktor keamanan dan menjajaki investasi apa kiranya yang cocok, maksud kedatangan Barner adalah terkait potensi jika sampai terjadi letusan Gunung Agung di Bali maka Banyuwangi menjadi tempat tujuan evakuasi dari warga terdampak letusan tersebut. Untuk itu telah dipersiapkan mitigasi bencana alam di Bali dengan menyiapkan kantong-kantong penampungan di ASDP Ketapang, Stasiun Kereta Api dan Bandara Blimbingsari agar bisa cepat bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menyiapkan rumah sakit yang ada di Banyuwangi jumlahnya sangat tersedia dan representatif.

Dari jumlah armada kapal verry ada sebanyak 24 (duapuluh empat) yang sewaktu-waktu bisa dioperasionalkan secara keseluruhan. Sedangkan sehari-hari hanya 14 (empat belas) unit kapal yang beroperasi. Konjen Australia juga akan bekerja sama dengan angkatan laut dalam hal  memberikan pelayanan evakuasi cepat melalui jalur laut.

Kasatpolair memberikan pelayanan dengan berkoordinasi dengan pihak ASDP Ketapang dan Stasiun Kereta Api Banyuwangi Baru, selanjutnya Barner akan berkunjung ke lokasi tersebut guna melihat secara langsung potensi dan kesiapannya.

Kunjungan berakhir dengan melakukan foto bersama di depan Kantor Polres Banyuwangi. Kojen Australia sangat senang dengan sambutan Kapolres Banyuwangi. Barner mengucapkan terimakasih Kepada AKBP Donny selaku Kapolres Banyuwangi yang telah berhasil menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Banyuwangi yang aman dan kondusif. Kapolres Banyuwangi juga dinilai telah berhasil menciptakan harmonisasi, sinergitas dan soliditas antara Polri dengan aparat penegakkan hukum lainya seperti TNI-AD, TNI-AL, dan juga dengan instansi pemerintah, jajaran Forpimda, bahkan hubungan antar tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada serta antar Ormas, organisasi kepemudaan dan organisasi keagamaan yang ada.

Penulis : Setyo Bakti_1812 / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password