Tok…! Hakim Putuskan Tamsir Jalani Hidup di Penjara, Selama 20 Tahun

Tribratanews.polri.go.id – Polres Indragiri Hilir

M. Tamsir Bin Nurung (21 tahun), terdakwa, pelaku pembunuhan terhadap SERDA Musaini, dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, dalam sidang di Ruang Sidang Kartika Pengadilan Negeri Tembilahan, Senin, 18 Desember 2017. Amar putusan yang dibacakan secara bergantian oleh Majelis Hakim yang dipimpin Hakim Ketua Ari Satio Randjoko SH MH, Arief Indrianto, SH dan Saharuddin Ramanda, SH, menyebutkan bahwa Tamsir terbukti secara syah dan meyakinkan melakukan pembunuhan secara berencana, sebagaimana dakwaan primer yang didakwakan JPU Frederic Daniel Tobing, SH, dan Lignauli Theresa, SH.

Dalam sidang tersebut, Majelis Hakim membacakan beberapa pertimbangan, yang mendasari jatuhnya hukuman tersebut yakni pertimbangan yang meringankan diantaranya terdakwa masih muda dan diharapkan bisa memperbaiki kesalahannya di masa mendatang. Terdakwa belum pernah dihukum dan bersikap sopan selama persidangan. Sedangkan pertimbangan yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa telah menyebabkan korban meninggal dunia, korban adalah seorang anggota TNI yang sedang melaksanakan tugas, perbuatan terdakwa dilakukan dengan dengan sengaja dan direncanakan terlebih dahulu, serta perbuatan terdakwa tersebut, telah menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Berdasarkan fakta – fakta yang terungkap dalam persidangan, Majelis Hakim berkeyakinan terdakwa terbukti secara syah dan meyakinkan, telah melakukan pembunuhan dengan sengaja dan direncanakan, sehingga oleh karena perbuatanya itu, terdakwa dijatuhkan hukuman selama 20 tahun penjara, dipotong selama masa penahanan. Terdakwa juga diperintahkan tetap berada dalam tahanan.

Menanggapi putusan tersebut, setelah berkonsultasi dengan Penasihat Hukum Hadrawi Ilham, SH, dan Jumiardi, SH, terdakwa menyatakan fikir – fikir dan punya waktu seminggu untuk mengambil keputusan. Sebelumnya, saat diberi kesempatan menyampaikan permohonan, terdakwa menyatakan sangat menyesali perbuatannya dan mohon dijatuhi hukuman seringan – ringannya.

Untuk pengamanan sidang hari ini, Polres Indragiri Hilir menerjunkan Personel dari Lintas Fungsi sebanyak 64 orang, dipimpin oleh Kabag Ops Polres Indragiri Hilir Kompol Maison, SH. Pengamanan juga dibantu oleh 1 Ton Sat Brimob Polda Riau, POM TNI dari Subden POM I/3 – 2 Tembilahan dan Provos Kodim 0314/Indragiri Hilir.

Penulis : Heriman Putra

Editor   : Alvian Nur

Publish : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password