Cuaca Buruk, Seorang Penjaga Rakit Terdampar dan Diselamatkan Warga Kampung Dalinsaheng Biaro

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Kisah tragis dialami seorang penjaga rakit, Ronil Makiling (30), warga Tuminting, Kota Manado. Pria ini terdampar bersama perahu jenis pakura di Kampung Dalinsaheng, Kecamatan Biaro, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan berhasil diselamatkan warga setempat, Sabtu (16/12/2017), pagi.

Warga lalu melaporkan kejadian ini ke Polsek Biaro, sekitar pukul 09.00 WITA. Personel Polsek Biaro bergegas mendatangi Kampung Dalinsaheng dan mendapati korban telah dievakuasi ke rumah keluarga Sagala-Manumpil, di kampung tersebut.

Dikisahkan korban, dirinya sehari-hari bekerja menjaga rakit milik Onal, warga Tuminting, di belakang Pulau Naeng, Kabupaten Kepulauan Sitaro. Cuaca buruk yang terjadi pada Rabu (13/12), menyebabkan rakit yang dijaganya putus dan hanyut terbawa arus.

Selama 3 hari 2 malam, dirinya terombang-ambing bersama rakit di lautan lepas. Melihat kondisi rakit yang sudah tidak memungkinkan, korban memutuskan untuk turun dari rakit lalu menumpang perahu pakura, yang berada di atas rakit.

Dirinya pun berusaha bertahan untuk menyelamatkan diri hingga di perairan Sitaro. Kamis (14/12), sekitar pukul 10.00 WITA, korban bersama perahu pakura memasuki perairan antara Tagulandang dan Biaro.

Korban lalu berinisiatif untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Biaro dan akhirnya terdampar di pesisir pantai Kampung Dalinsaheng yang selanjutnya ditolong oleh warga setempat.

Di dalam perahu pakura, terdapat 1 jerigen ukuran 25 liter berisi bensin, 1 mesin genset, 1 aki, 1 tong kecil berisi pakaian dan 1 radio HT.

Pihak Polsek Biaro kemudian berupaya menghubungi pemilik rakit dan keluarga korban. “Korban akan kembali ke Manado menggunakan KMP Lohoraung, Minggu (17/12),” ujar seorang personel Polsek Biaro, Sabtu, siang.

Penulis: Nuryani
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password