Peduli Anak Disabilitas dan Yatim Piatu, Polwan Ditlantas Polda Bali Kunjungi SLB/C Kemala Bhayangkari Tabanan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Apa yang dilakukan Direktorat Lalu Lintas Polda Bali terkait kepeduliannya terhadap keselamatan masyarakat, agar tidak menjadi korban lakalantas patut diapresiasi. Kepemimpinan dan program kerja Kombes Pol. Anak Agung Sudana, S.H., S.I.K. sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Bali sangat luar biasa, sehingga patut diancungi jempol.

Salah satu program yang saat ini sedang gencar dijalankan adalah Polsanak (Polantas Sahabat Anak). Melalui program Polsanak, diharapkan anak-anak sejak dini akan mengenal dan tahu tentang tertib berlalu lintas. Tujuan jangka panjangnya adalah akan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk tertib berkendara di jalan raya, sehingga angka pelanggaran dan lakalantas bisa ditekan.

Untuk itu, dalam rangka menyambut Hari Ibu, Natal dan Tahun Baru 2018, Polwan Ditlantas Polda Bali dan Satlantas Polres Tabanan, dipimpin Kasi BPKB Ditlantas Polda Bali, Kompol Putu Utariani, S.H. mengunjungi SLB/C Kemala Bhayangkari di Desa Sembung Gede, Kerambitan, Tabanan, Jumat (15/12/2017). Kegiatan ini dihadiri 100 anak berasal dari siswa SLB/C Kemala Bhayangkari, Yayasan Yatim Piatu Alinayah dan Yayasan Yatim Piatu Al-Rohiba, Tabanan, Bali. Tiba di lokasi, para Polwan langsung menyapa dan berinteraksi dengan siswa dan guru setempat.

Menurut Kompol Putu Utariani, S.H. penanganan anak yang memiliki kebutuhan khusus, harus diperlakukan dengan cara yang khusus pula. Tujuannya adalah agar mereka dapat meningkatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki sebagai bekal untuk dapat menjalani kehidupan lebih mandiri.

Memahami anak-anak berkebutuhan khusus, para Polwan tetap memperkenalkan dan memberi tahu tentang tertib berlalu lintas. Namun, materinya disampaikan dengan cara mengajak anak-anak bermain dan bernyanyi bersama. “Walaupun materi tertib lalu lintas tidak diterima secara maksimal, setidaknya mereka pernah mendengar bahwa naik sepeda motor harus menggunakan helm dan tidak boleh ngebut di jalan raya, karena saya yakin mereka pasti pernah naik mobil atau dibonceng oleh orang tuanya,” terangnya.

Saat dikonfirmasi, Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. membenarkan kalau pihaknya melaksanakan kegiatan bakti sosial ke SLB/C Kemala Bhayangkari Tabanan. “Kedatangan rombongan Polwan Ditlantas tidak hanya dalam rangka Polsanak saja, tetapi merupakan kepedulian kita terhadap anak-anak disabilitas dan yatim piatu,” ujarnya.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Windyasa

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password