Siapkan Operasi Lilin Semeru 2017, Satlantas Melakukan Pembinaan Pengemudi Angkutan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2017, libur natal dan tahun baru 2018 yang akan digelar serentak mulai tanggal 23 Desember 2017 hingga tanggal 2 Januari 2018 Satlantas Polres Banyuwangi yang dipimpin oleh AKP Ris Andrian Yudo Nugroho., S.H., S.I.K., melakukan berbagai upaya dan langkah-langkah dalam menghadapi kegiatan tersebut.

Langkah dan upaya yang dilakukan salah satunya adalah melaksanakan sosialisasi kepada seluruh pengusaha jasa angkutan orang. Hal ini dilakukan AKP Ris Andrian guna kelancaran, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas serta menekan angka kecelakaan lalu lintas disaat operasi Lilin Semeru 2017 dan libur natal tahun baru mendatang.

“Menjelang pelaksanaan operasi lilin 2017 dan liburan natal tahun baru saya harus jemput bola, jangan sampai kecolongan. Untuk itu saya perintahkan kepada seluruh anggota saya untuk melaksanakan sosialisasi terutama kepada pemilik angkutan-angkutan penumpang yang berada diseluruh wilayah hukum Polres Banyuwangi. Hal ini saya lakukan demi terciptanya Kamseltibcarlantas dan mengurangi terjadinya kecelakaan di wilayah hukum Polres Banyuwangi,” jelas Kasatlantas Polres Banyuwangi.

Pada kesempatan ini juga anggota Patwal Satlantas Polres Banyuwangi langsung menindaklanjuti perintah dari Kasatlantas dengan mendatangi salah satu garasi bus milik P.O. Akas. Anggota tersebut melaksanakan diskusi sekaligus sosialisasi tentang keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Bagi pemilik jasa angkutan dihimbau untuk mempersiapkan armada angkutannya dengan baik, cek dan periksa kondisi angkutan sebelum digunakan pada saat liburan natal dan tahun baru. Kesehatan sopir juga harus dalam keadaan fit dan baik, “ tegas Kasatlantas AKP Ris Andrian.

Kasatlantas juga menambahkan bahwa selain kondisi kendaraan dan sopir yang harus dalam keadaan baik dan layak, yang paling utama adalah untuk selalu mematuhi aturan-aturan lalu lintas yang berlaku. Kebiasaan buruk seperti kebut-kebutan saat mengendarai guna berebut penumpang, berhenti disembarang tempat atau  nge-tem di halte terlalu lama agar tidak dilakukan. Hal tersebut bisa membahayakan penumpang dan pengguna jalan lainnya.

“Langkah-langkah seperti ini akan saya lakukan terus demi memberikan rasa aman, nyaman dan kelancaran bagi pengguna jalan khususnya di wilayah hukum Polres Banyuwangi. Serta mencegah terjadinya kecelakaan terutama pada saat digelar operasi lilin semeru 2017. Dan saya juga perintahkan kepada anggota Satlantas untuk tidak segan-segan menindak apabila terjadi pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Saya juga menghimbau kepada masyarakat Banyuwangi apabila hendak bepergian menggunakan kendaraan agar melengkapi surat-surat, perlengkapan kendaraannya dan yang paling penting jangan melanggar peraturan lalu lintas karena kecelakaan terjadi diawali dengan pelanggaran.” Tutup AKP Ris Andrian.

Penulis : S. Bakti / Humas Res BWI

Editor : Alfian Nurnas

Publish : S. Bakti

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password