Kerukunan dan Kebersamaan Wujud Sinergitas TNI Polri, di Polres Banyuwangi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan tapal kuda,   dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo  di utara, Selat Bali  di timur, Samudra Hindia  di selatan serta Kabupaten Jember  dan Kabupaten Bondowoso  di barat. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2). Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali. Luasnya wilayah yang begitu besar didiami oleh penduduk sebanyak 1.668.438 jiwa, terdiri dari 838.856 jiwa laki-laki dan 829.582 jiwa perempuan (berdasarkan data yang ada di website resmi pemerintah Kabupaten Banyuwangi www.banyuwangikab.go.id/profil/kependudukan).

Potensi wilayah Kabupaten Banyuwangi yang begitu besar tersebut membuat aparat keamanan terutama Polri TNIharus benar-benar ekstra dalam memberikan rasa aman dan nyaman serta pelayanan prima guna menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut perlu adanya sinergitas antara TNI Polri. Oleh karena hal inilah menjadikan dasar bagi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si Kapolres Banyuwangi untuk menciptakan Stabilitas Kamtibmas di Banyuwangi menuju daerah yang bebas dari pelaku kejahatan zero crime bersama Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (inf) Ruli Nuryanto dan Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Suhartaya, M.Tr. Hanla., “Bicara Bareng” (Careng), di ruang Kerja Kapolres Banyuwangi, Kamis (14/12).

Sinergitas dan soliditas Polri TNIharus senantiasa terjaga dalam rangka  mengawal dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam acara Careng, Polres Banyuwangi bersama Dandim Banyuwangi dan Danlanal Banyuwangi semakin merekatkan hubungan. Kedua instansi negara berjanji untuk selalu membantu dalam pelaksanaan tugas. Kerukunan adalah hal terbaik. Kebersamaan adalah hal terindah.

“Dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat memerlukan peran serta dan kerja sama dengan semua pihak, terutama kerjasama, sinergitas dan soliditas antar lembaga penegak hukum. Untuk itu kita mau menunjukkan bahwa kita bisa bersama-sama saling membantu dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat terutama di wilayah Banyuwangi,” ujar Kapolres Banyuwangi.

1fd90125-4258-4c1e-a301-85a0ee6fe998

AKBP Donny mengatakan, selama ini hubungan antara polisi dan TNI di wilayah Banyuwangi sangatlah baik. Keduanya sudah sejak lama saling membantu dalam hal keamanan. Dengan momen ini kita ingin semakin memperat hubungan dan menunjukkan bahwa kita bisa bekerja sama. Dan itu membuktikan hanya oknum saja yang merusak hubungan itu.

Dilain pihak, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (inf) Ruli Nuryanto menyampaikan, bahwa dirinya telah berpesan kepada anggotanya hendaknya tidak mudah terhasut isu-isu yang bisa menyulut kebencian dan api permusuhan antara kedua institusi TNI Polri. Dikarenakan selama ini hubungan keduanya sudah sangat baik, maka perlu dirawat dan dijaga kekompakan, kebersamaan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kepada jajaran saya jangan gampang terprovokasi dan terhasut oleh berita yang tersebar di media sosial yang kebenaran berita tersebut belum bisa dipertanggungjawabkan yang merusak hubungan baik antara Polri TNIdi wilayah Banyuwangi,” tutup Letkol (inf) Ruli.

Komunikasi secara berkelanjutan dan saling bekerjasama, bahu membahu diperlukan dalam mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. Melalui sinergitas Polri TNI ini anggotanya untuk tetap semangat menjaga wilayah Kabupaten Banyuwangi. Melalui kegiatan tiga pilar dan program inovasi Intipilar (Informasi Tiga Pilar) para Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat bertukar informasi demi mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif.

Penulis : S. Bakti / Humas Res Bwi

Editor : Alfian Nurnas

Publish : S. Bakti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password