Pekerja Tambang Tewas di Lubang Emas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Seorang warga Desa Bajo, Kecamatan Batang Lomang, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara (Malut), dikabarkan tewas di lokasi pertambangan emas Desa Anggai, Kecamatan Obi.

Warga yang diketahui bernama Idi, tewas di lubang tambang yang menjadi sengketa antara seorang bernama Hasan Hanafi dengan Irmayana. Korban tewas lantaran diduga kecelakaan kerja.

“Saat ini jenazah korban sudah dibawa ke kampung halamannya di Bajo,” ungkap Wakapolres Halsel Kompol Setyo.

Wakapolres menyebutkan, korban tewas lantaran kesetrum saat berada didalam lubang tambang. Pihak Polres Halsel pun telah berkoordinasi dengan Polsek Obi untuk meminta keterangan lengkap.

“Data sementara yang diperoleh dari Haji Syarifudin, korban diperkirakan terkena setrum saat bekerja di dalam lubang.” sambung Wakapolres.

Wakapolres menuturkan, kematian pekerja tambang itu tengah diusut kepolisian. Polres telah membentuk dua tim untuk diturunkan melakukan pengusutan. Satu tim di bawah pimpinan Kapolsek Obi turun ke TKP, sedangkan tim lainnya yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Halsel menuju Bajo untuk melakukan visum terhadap jenazah korban.

“Nanti setelah kembali kedua tim ini akan melaporkan perkembangan lebih lanjut.” ujarnya.

Pengusutan kematian korban, kata Wakpolres, tak lepas dari kondisi alat-alat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di lokasi tambang rakyat itu. Sehingga, Polres akan melakukan olah TKP untuk mengetahui detail kejadian.

“Kami akan mengecek lagi terkait ketenagakerjaan di tambang tersebut, apakah karyawan yang dipekerjakan oleh pengelola tambang mengutamakan keselamatan karyawan atau tidak. Jika tak dijamin oleh pemilik maka akan dikoordinasikan untuk ditutup.” tandasnya.

Penulis            : Wanto Tftt

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password