Polres Sintang, Amankan Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sintang- Berbekal informasi dari masyarakat terkait adanya penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi Pemerintah yang dilakukan oleh pelaku HR (24 Th), akhirnya petugas Satuan Reserse Polres Sintang berhasil mengamankan pelaku berikut barang bukti yang dibawanya pada Rabu (13/12) sekira pukul 20.00 wib.

“Benar telah diamankan seseorang yang diduga melakukan Penyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak yang disubsidi Pemerintah, tentang dugaan Tindak Pidana Migas,” terang Kasat Reskrim Akp Eko Mardianto,SH,MH, Kamis (14/12/2017), sore

“Pelaku HR (24 Th), laki-laki, swasta, yang beralamatkan di Jl. MT. Haryono Gg. Melawi Rt. 023/Rw.005 Kel. Kapuas Kanan hulu Kec. Sintang Kab. Sintang, kita amankan dilokasi dengan TKP jalan Sintang-Pontianak Ds. Meranti Jaya Kec. Sui.Tebelian  Kab. Sintang, pada Rabu 13 Desember 2017 sekitar jam 20.00 WIB,” jelasnya

Dijelaskan oleh Akp Eko bahwa
Pada hari Rabu (13/12) sekitar jam 13.00 WIB pelapor melakukan penyelidikan terhadap Pelaku karena sebelumnya telah mendapatkan Informasi terkait dengan Penyalahgunaan BBM tersebut. Setelah melakukan Penyelidikan tersebut sekitar Pukul 20.00 WIB Pelapor dapat mengamankan Pelaku di Jalan Sintang-Pontianak Desa Meranti Jaya Kec.Tebelian Kab. Sintang.

Masih menurut Akp Eko, pada saat penangkapan tersebut pelaku tidak dapat menunjukkan dokumen terkait pengangkutan BBM tersebut dan selanjutnya Petugas berhasil mengamankan 1 (Satu) Unit mobil Merk Toyota Type T. HILUX 2.0 M/T Warna Hitam Metalik Nomor Polisi KB 8307 EC dan 30 (Tiga Puluh) dirigen (2 Ton) BBM Jenis Solar. Selanjutnya petugas mengamankan dan membawa Pelaku dan Barang Bukti ke Polres Sintang untuk Proses lebih lanjut.

“Kepada pelaku kita persangkakan dengan Pasal 55 dan atau  Pasal 53 huruf (b) dan atau huruf (d) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi,” tuturnya

Sementara itu Kapolres Sintang melalui Paur Subbag Humas Polres Sintang Iptu Hariyanto mengatakan bahwa saat ini seluruh jajaran Polres Sintang telah berkomitmen untuk menindak lanjuti instruksi Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, SH,MH didalam program 100 harinya dimana salah satu yang menjadikan obsebsi Kapolda adalah Kalbar Zero Illegal.

“Polres Sintang dan jajarannya siap menindak lanjuti apa yang menjadikan perintah Pimpinan, dan ini sudah menjadikan komitmen Polres Sintang sejak beliau (Kapolda) menjabat sebagai Kapolda Kalbar yang baru,” ujar Paur Subbag Humas.

Lebih jauh dirinya menghimbau kepada para pekerja ilegal untuk segera menghentikan kegiatannya dan beralih kepada pekerjaan yang lebih baik dan tidak melanggar hukum.

“Stop perbuatan illegal karena itu akan berdampak hukum kepada para pelaku dan hal itu juga sangat merugikan masyarakat luas dan kita tidak akan toleransi terhadap perbuatan tersebut” pukasnya.

Penulis : Hariyanto
Editor : Alfian.N/Nanang.P
Publish: Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password