Manfaatkan Musim Hujan Untuk Himbau Stop Pembakaran Lahan

Tribratanews.Polri.go.id-Polda Kalbar-Polres Sintang- Polsek Sepauk , Dalam rangka mengurangi dampak kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kec.Sepauk , babinkamtibmas lakukan himbauan kamtibmas dan karhutla , Kamis (14/12/2017) .

Kegiatan himbauan karhutla ini dilaksanakan untuk mengurangi dampak buruk yang di sebabkan kebiasaan masyarakat membuka lahan/lahan pertanian dengan cara dibakar .

Pada kegiatan ini personil babinkamtibmas Bripka Jakaria mengatakan, peran serta masyarakat dalam menjaga kamtibmas dan kebakaran hutan ini sangat diperlukan , karena beberapa tahun yang lalu negara kita mendapat teguran dari negara tetangga karena banyak asap yang disebabkan kebakaran hutan dan lahan . Karena hal itu pemerintah kita berusaha jangan sampai kejadian tersebut terulang lagi .

Kegiatan himbauan kamtibmas dan karhutla ini dilaksanakan di Desa Serang Serambang , pada waktu memberikan himbauan ini Bripka Jakaria juga menyampaikan dilarang pemerintah serta sanksi pidananya . Sesuai dengan Undang-undang No.41 tahun 1999 tentang kehutanan pasal 50 ayat (3) huruf d , pasal 78 ayat (3) , pasal 78 ayat (4) .pelaku pembakaran hutan dan lahan adalah dengan mengenakan hukum pidana penjara dan denda semaksimal mungkin , agar membuat efek jera dan menjadi pelajaran bagi yang melakukan perbuatan tersebut .

Pada kesempatan terpisah Kapolsek Sepauk Ipda Wargo Suwargo , menyampaikan bahwa Polsek Sepauk sangat berharap peran serta masyarakat untuk menjaga keamanan dan tidak melakukan kegiatan pembakaran hutan dan lahan , kegiatan himbauan ini akan rutin dilaksanakan agar masyarakat lebih paham dan sadar sehingga meninggalkan cara membuka lahan pertanian /perkebunan dengan cara dibakar . “Ucapnya .

Penulis : Hartono
Editor : Alfian.N/Nanang.P
Publish : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password