Pastikan Stabilitas Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru 2018, ini yang Dilakukan Polres Trenggalek

b0e916d4-9512-4358-8b51-cdb8b3f65b73

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Trenggalek, Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun 2018, selain menjamin Kamtibmas kondusif, Polri  juga harus memastikan stabilitas harga pangan. Hal ini terkait erat dengan pengalaman dari tahun ketahun dimana fluktuasi harga pangan pada saat perayaan hari besar agama maupun momen tertentu seringkali dibarengi dengan peningkatan harga Sembako di pasaran.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polres Trenggalek bekerjasama dengan dinas pertanian, perdagangan, kesehatan, Bulog dan instansi terkait lainnya dibawah koordinasi Satgas Pangan menggelar sidak dan operasi pangan di beberapa tempat diantaranya, Pasar Basah Trenggalek dan toko-toko grosir, Kamis (14/12).

Operasi Pangan itu sendiri dipimpin langsung oleh Wakapolres Trenggalek, Kompol Agung Setyono, S.S. didampingi oleh Kabagops Kompol Mukalam, S.H. serta perwakilan dari masing-masing instansi.

Wakapolres mengatakan bahwa operasi pangan tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian agar memberdayakan Satgas Pangan yang sudah terbentuk di masing-masing wilayah dan berperan aktif dalam menjaga stabilitas harga dan ketahanan pangan.

“Kita maksimalkan peran Satgas Pangan dalam menjaga stabilitas harga pangan khususnya di Kabupaten Trenggalek. Dibawah Satgas Pangan koordinasi juga menjadi lebih mudah” jelas Kompol Agung.

Dalam operasi pangan tersebut, petugas Satgas pangan blusukan ke dalam pasar dan berdialog langsung dengan para pedagang dan masyarakat tentang kenaikan harga berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Sedangkan dari instansi lainnya menjalankan tugas sesuai Tupoksi masing-masing seperti memeriksa kualitas pangan dan stok kebutuhan.

Disinggung tentang hasil operasi, Kompol Agung menuturkan, harga kebutuhan pokok masih stabil dan tidak mengalami kenaikan berarti. Demikian pula dengan kualitas pangan yang diperdagangkan, tidak ditemukan pelanggaran penggunaan zat-zat tertentu yang membahayakan konsumen.

“Dari hasil pengecekan bersama-sama, harga masih stabil dan tidak ada pelanggaran” ungkapnya.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nurnas
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

Admin Polri53937 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password