Mengenal Lebih Dekat Dua Ekor Kuda Jantan Milik Polda DIY

Aswasada Bripda Cesar Kurniawan Krishartanto bersama kuda G mengelilingi Mapolda DIY

tribratanews.polri.go.id -PoldaDIY, kehadiran G dan Sandokan tentu menarik perhatian sebagian anggota Polda DIY. Iya, G dan Sandokan adalah kuda milik Polda DIY yang baru saja diterima dari Baharkam Polri. Kuda dari Belanda tersebut berdiri gagah menjadi perhatian peserta apel pagi di Mapolda DIY.

Dalam obrolan singkat dengan Kanit Satwa AKP drh. Adi Purnomo menjelaskan kedua tersebut berjenis ras warm bloods masing-masing diberikan nama G dan Sandokan. G kuda jantan yang telah berusia tujuh tahun dengan Aswasadanya bernama Bripda Cesar Kurniawan Krishartanto. Dan yang satunya bernama Sandokan yang juga kuda jantan berusia lima tahun, dua tahun lebih muda dari G, sang aswasadanya bernama Bripda Rafino Kusuma Wardhana. Kedua aswasada ini telah menempuh Pendidikan Pengembangan Spesialis (Dikbangspes) Aswasada. Dikbangspes Aswasada adalah pendidikan khusus bagi penunggang kuda. Lama pendidikannya dua bulan di Direktorat Satwa Korps Sabhara, Baharkam Polri.

kuda4Aswasada Bripda Rafino Kusuma Wardhana bersama Kuda Sandokan

Lanjut AKP drh. Adi menambahkan bahwa kuda adalah hewan yang sensitif. Harus ada ikatan antara Aswasada (rider) dengan kudanya. Kudapun memiliki personality, atau kepribadian. Hubungan baik antara rider dan kuda adalah faktor penting. Tanpa ada kedekatan, maka kuda akan sulit dikendalikan.

“Hal inilah yang harus diketahui dengan baik oleh Aswadanya,” tutur AKP drh. Adi., Rabu (13/12/2017)

Menurutnya, Baharkam Polri mengirimkan 18 ekor kuda yang telah diberikan kepada beberapa Polda, dan Polda DIY mendapatkan dua ekor. Ke depan, G dan Sandokan akan dilibatkan dalam kegiatan kepolisian. Seperti Patroli kawasan wisata dan dalam even – even kebudayaan yang digelar di Yogyakarta.

penulis : TimProDIY
editor : Alfian
publish : Jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password