Kapolres Banyuwangi, Meningkatkan Soliditas Anggota Lewat “Filosofis Ban”

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si, memimpin pelaksanaan apel pagi dan penyerahan 15 (lima belas) kendaraan dinas (sepeda motor) untuk menunjang operasional Bhabinkamtibmas, bertempat di lapangan Polres Banyuwangi, pada Senin pagi, (13/12).

Kapolres Banyuwangi menyampaikan bahwa jumlah sarana penunjang operasional memang belum seluruhnya terpenuhi, namun hal ini bukan berarti menjadikan alasan untuk tidak melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan maksimal. Anggota masih bisa menggunakan kendaraan milik pribadi dalam menjalankan pekerjaannya, dengan diberikan bantuan kendaraan dinas dari negara ini diharapkan mampu untuk menunjang kinerja para Bhabinkamtibmas dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah desa binaannya.

AKBP Donny, menyampaikan apabila kita melihat kendaraan baru berupa mobil atau motor yang menjadi perhatian kita paling umum adalah bagaimana modelnya, bagaimana warna cat dan stripingnya. Jarang diantara kita yang memperhatikan ban kendaraan, padahal jika kita mau melihat dan mengamati lebih dalam lagi tentang ban mobil atau motor ada 6 (enam) hal tentang ban yang bisa kita pelajari antara lain : 1). Ban selalu konsisten, bentuk ban “Bundar”, mau dipasang di motor, mobil atau pesawat terbang, ban tak pernah berubah menjadi segi tiga atau segi empat. 2). Ban mengalami kejadian terberat, ketika melewati jalan berlubang, aspal panas, bahkan ketika ada banjir, ban terlebih dulu yang harus mengalami langsung. Bahkan Jika ada kotoran hewan/bangkai di jalan yang tidak dilihat oleh pengemudi, ban lah pertama kali yang merasakannya. 3). Ban selalu menanggung beban terberat ketika mobil sedang diam, maupun pada saat berjalan. Baik ketika kosong tanpa penumpang, apalagi saat penuh penumpang dan barang. 4). Ban tidak pernah sombong dan tidak berat hati menolak permintaan, ban selalu kompak, ketika pedal rem memerintahkannya berhenti, ban langsung berhenti. Ketika pedal gas menyuruhnya lebih cepat, ban pun melesat. Pada saat setir kendaraan dibelokkan ke kanan ban juga akan ikut berbelok ke kanan tidak mungkin ban belok kiri bertentangan dengan perintah setir kendaraan. 5). Dalam kondisi apapun, ban tetap rendah hati, semua orang lebih memuji kemewahan, keindahan dan kehebatan mobil, tidak ada satupun yang memuji ban, padahal semua tidak akan berarti kalau bannya kempes atau bocor. 6). Betapa pun bagus dan hebatnya mobil atau sepeda yang kita punya, atau pesawat yang kita naiki, saat ban tidak berfungsi, kita tidak akan bisa ke tujuan.

“Jadi kita yang bekerja di Polres dan Polsek akan menghadapi banyak permasalahan bila di bandingkan dengan yang disatuan atas, jika kita mau membagi wilayah sebenarnya Polres ini tidak punya wilayah karena semuanya masuk dalam wilayah Polsek, ” tutur Kapolres Banyuwangi

111.a

“Tetaplah kau konsisten dengan kebaikan, tetaplah mau bekerja sama dengan orang lain, jangan sombong dan merasa hebat sendiri, hendaknya bisa  menjadi “penggerak” kepada hal-hal yang baik, sehebat apapun diri kita tidak akan pernah bisa bekerja seorang diri tanpa bantuan dan dukungan dari orang lain,“ ujar AKBP Donny.

“Maka dari itu hendaknya kita anggota Polsek dan Polres yang merupakan ujung tombak dari kepolisian dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat haruslah bisa kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas dengan demikian akan melahirkan rasa kepedulian, rasa empaty kepada masyarakat,“ AKBP Donny.

Dari filosofis ban tadi kita bisa mengambil pelajaran bahwa kita harus bisa bekerjasama dengan orang lain, baik itu antar teman, sejawat, antar bagian, satuan dan fungsi serta antar instansi (dengan instansi diluar kepolisian) hendaknya bisa meningkatkan kerjasama dan sinergitas dalam mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Banyuwangi yang aman dan kondusif.

Penulis : Setyo Bakti

Editor : Alfian Nurnas

Publish : Setyo Bakti

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password