Tindak Lanjuti Arahan Kapolda, Polrestabes Makassar Gelar Aksi Seribu Rupiah

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Personil Polrestabes Makassar melaksanakan aksi gerakan Seribu rupiah, bertempat di halaman apel Polrestabes Makassar, Rabu (13/12/17).

Aksi ini dilakukan dengan cara setiap personil Polrestabes Makassar sukarela menyisihkan uang Rp. 1000 di kotak amal yang sudah disiapkan setiap kali usai pelaksanaan apel pagi.

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Anwar Efendi mengatakan langkah nyata ini untuk merespon arahan pimpinan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Umar Septono.

Kegiatan tersebut diawali oleh Kapolrestabes Makassar, Wakapolrestabes dan para pejabat utama Polrestabes Makassar dan disusul oleh seluruh personil polrestabes yang melaksanakan apel pagi hari ini, dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada warga masyarakat yang membutuhkan.

Gerakan seribu rupiah ini merupakan program unggulan Kapolda Sulsel untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Sebelumnya hal ini telah dilakukan di Polda NTB saat Umar masih menjabat Kapolda disana.

“Seribu rupiah tidak ada artinya, tapi begitu kita kumpulkan sangat besar arti dan manfaatnya untuk masyarakat yang membutuhkan,” ucap Irjen Pol Umar Septono beberapa waktu lalu saat pertama kali menjabat Kapolda Sulsel.

Inilah gerakan revolusi mental yang di implementasikan dalam gerakan empati seribu rupiah Polda Sulsel berserta jajaran.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang sedekah yang paling utama, dan jawaban beliau dikaitkan dengan sifat dan kondisi orang yang bersedekah.

Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Ya Rasulullah, sedekah apakah yang paling afdhal?

Jawab Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

Sedekah yang engkau berikan ketika engkau masih muda, pelit harta, bertumpuk angan-angan untuk hidup mewah, dan takut bangkrut. (HR. Ahmad 7407, Nasai 2554, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Betapa sulitnya orang bersedekah di saat dia sedang mengejar kariernya, harapannya, obsesinya, dan cita-citanya. Mungkin dia butuh perang batin untuk bisa mengeluarkan 2 ribu rupiah. Karena itulah, nilainya lebih afdhal dari pada yang lainnya.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password