Bid Propam Polda Kalsel Ingatkan Anggota Jadi Teladan dan Tingkatkan Kedisiplinan

Tribratanews.polri.go.id- Mantan Kapolres Malang Kota tahun 2017, AKBP Decky Hendarsono S.I.K yang kini dipercaya mengemban amanah menjadi Kabid Propam Polda Kalsel ini menginginkan anggota Bid Propam Polda Kalsel melaksanakan tugas sesuai tagline Kapolri, yakni men jadi Polisi yang Promoter (Profesional, Moderen dan terpercaya).

Menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat merupakan salah satu tugas pokok Polri. Oleh karena itu, seorang anggota Polri wajib menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dengan menjaga ketertiban dan kedisiplinan.

Mantan Kapolres Batu Malang tahun 2016, lulusan Akpol 1997 ini senantiasa mematri dirinya dan anggota untuk bekerja dengan rasa ihlas dan berharap menjadi Polisi yang selalu melayani.

Perwira enerjik dan murah senyum anak petani sayur dan buah apel dari Batu Malang ini, dalam berkerja menanamkan kejujuran dalam perkataan dan perbuatan.  “Hidup ini singkat, maka harus selalu membentengi diri dengan perbuatan yang baik, juga iman dan takwa,” tandasnya, kepada infobanua, Rabu (13/12/2017).

decky1

Bahkan AKBP Decky berharap anggota bisa melaksanakan dengan konsekuen Motto Bid Propam Polda Kalsel yang dipampang diruang kerjanya. Ada 6 ciri-ciri anggota yang bertanggung jawab yakni, jujur dalam perkataan dan perbuatan.

“Anggota harus selalu ihlas dalam bekerja, berani mengambil resiko atas semua keputusan yang telah diambil. Juga harus berani mengakui kesalahan,” ungkapnya.

Anggota tidak mudah melimpahkan kesalahan kepada orang lain serta harus berani serta tegas dalam melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

Menurut AKBP Decky, dalam melaksanakan tugas anggota Bid Propam Polda Kalsel harus senantiasa memedomani dirinya dan hendaknya sudah menjadi perilaku keseharian yakni, anggota bekerja dengan tulus ihlas ketika melayani masyarakat. “Yang tak kalah penting, dalam  bekerja tidak tegang, namun dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan anggota selalu senyum,” paparnya.

Selain itu, anggota juga bisa memberikan contoh tauladan baik kepada anggota juga masyarakat. Dan selalu menjadi sosok Polisi yang melayani.

Dilihat lingkung tugasnya, Bidpropam merupakan unsur pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolda. Bidpropam bertugas membina dan melaksanakan pengamanan internal, penegakan disiplin, ketertiban, dan pertanggungjawaban profesi di lingkungan Polda, termasuk pelayanan pengaduan masyarakat mengenai dugaan adanya penyimpangan tindakan anggota atau PNS Polri serta rehabilitasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam melaksanakan tugas Bidpropam menyelenggarakan fungsi,perumusan kebijakan Kapolda dalam bidang pembinaan pengamanan internal, pembinaan disiplin dan pertanggungjawaban profesi di lingkungan Polda.Pembinaan dan pengamanan internal, yang meliputi personel, materiil, kegiatan, dan bahan keterangan.

Pembinaan dan penegakan disiplin dan/atau kode etik profesi Polri, pembinaan profesi, yang meliputi penilaian akreditasi profesi dan pembinaan atau penegakan etika profesi, serta pengauditan terhadap proses investigasi kasus baik eksternal maupun internal;

Pelayanan penerimaan laporan atau pengaduan warga masyarakat mengenai sikap dan tindakan anggota atau PNS Polri yang diduga melakukan pelanggaran disiplin dan/atau kode etik profesi Polri

Pengendalian dan pemantauan terhadap penanganan laporan dan pengaduan warga masyarakat oleh satuan-satuan dalam lingkungan Polda dan pelaksanaan rehabilitasi terhadap anggota dan PNS Polri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Perencanaan dan pengadministrasian umum, penatausahaan urusan dalam, urusan personel dan materiil logistik, serta pelayanan keuangan di lingkungan Bidpropam; dan pengumpulan dan pengolahan data serta penyajian informasi dan dokumentasi kegiatan Bidpropam.

penulis   : Yudha

editor     : Alfian

publish  : Hamsan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password