Atap Rumah Terbuat dari Kumpulan Seng Bekas, Kakek Baso Dapat Bantuan Program Infaq Polres Takalar

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Polres Takalar kembali memperlihatkan sikap pedulinya kepada sesama dengan membantu warga yang kurang mampu hasil dari gaji personel Polres Takalar yang disisihkan tiap bulannya.

Penyerahan dana infaq tersebut berasal dari gaji personel Polres Takalar yang secara sukarela dipotong setiap bulannya untuk di masukkan kedalam kas Mesjid As-Salam Polres Takalar.

Dana yang terkumpul setiap bulannya nantinya disalurkan ke Panti Asuhan, Panitia Pembangunan Mesjid di Wilayah Polsek Jajaran serta untuk kemanusiaan lainnya yang butuh uluruan tangan dari para dermawan.

Kapolres Takalar Akbp Gany Alamsyah Hatta sangat mendukung program personel Polres Takalar dalam membantu masyarakat yang kurang mampu yang sudah sekian lama terlaksana.

Dana infaq personel Polres Takalar kali ini disalurkan Bhabinkamtibmas Desa Lassang Barat Polut Brigadir Abdul Malik kepada warga miskin di Dusun Anging Mammiri, Desa Lassang Barat Polut atas nama Baso Dg. Ngalle, Rabu (13/12/17). Ia adalah seorang kakek berusia 60 tahun yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani.

Kakek Baso sendiri tinggal disebuah rumah kecil yang atap sengnya hasil dari kumpulan seng bekas milik warga yang tidak terpakai yang kemudian di tempel-tempel untuk di pergunakan sebagai atap rumah. Infaq yang diberikan Bhabinkamtibmas Brigpol Abdul Malik berupa seng gelombang besar ukuran 7 kaki sebanyak 10 lembar untuk mengganti atap seng yang telah rusak.

Menerima sumbangan tersebut Kakek Baso menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh personil Polres Takalar yang rela menyisihkan gajinya untuk membantu warga miskin. “Semoga diberikan Umur yang panjang, kesehatan serta kesuksesan dalam bertugas,” ucap Kakek Baso.

Rasa peduli yang diperlihatkan Polres Takalar bersama jajaran untuk membantu warga miskin merupakan bukti empati Polri kepada masyarakat sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password