Begini Cara Kapolres OKI Cek Harga Sembako

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumsel. Kepolisian Resor Ogan Komering Ilir (Polres OKI) bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat melakukan sidak pasar guna mengecek situasi kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) jelang peringatan hari besar nasional, yaitu Natal dan tahun baru, Selasa (12/12/2017).

Dalam sidak yang dilaksanakan di Pasar Tradisional Kayuagung OKI tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH didampingi Kepala Dinas Perdagangan OKI S.Sudiyanto Djakfar, S.Sos.,MSi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman dan Holtikultura OKI, Syarifudin,SP.,MSi serta perwakilan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan OKI.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH pada kesempatan tersebut mengatakan, sidak pasar ini kita lakukan untuk mengecek situasi harga sembako jelang peringatan hari besar nasional, perayaan natal 2017 dan tahun baru 2018 yang tentunya bekerjasama dengan OPD terkait di dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten OKI.

“Hasilnya, berdasarkan pantauan memang ada terjadi kenaikan namun tidak terlalu signifikan, diantara Rp 1.000 hingga Rp 3.000. Misalnya beras hanya naik Rp 1.000 jenis beras biasa,” kata Kapolres.IMG-20171212-WA0162

Disini kita tergabung dalam Satgas Pangan, kata Kapolres lagi, jadi berkewajiban memonitor bahan-bahan sembako untuk kebutuhan, agar jangan sampai terjadi kenaikan harga yang sangat signifikan sehingga menyusahkan masyarakat.

“Terlebih lagi apabila nanti ada laporan penimbunan atau ada yang mengambil keuntungan dengan cara tidak wajar. Oleh karena itu akan kita lihat dulu apakah ada indikasi penimbunan,” ujar Kapolres.

Indikasi disini, lanjut Kapolres, barang langka di pasaran sementara di gudang menumpuk. Nah itu pasti diduga ada yang berspekulasi, sehingga akan kita cek dan jika terbukti tentunya diberikan tindakan tegas. Tetapi alhamdulillah sejauh ini tidak ada hal yang seperti itu di wilayah Kabupaten OKI.IMG-20171212-WA0183

Senada dengan Kapolres OKI, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten OKI, S.Sudiyanto Djakfar, S.Sos.,MSi menambahkan, setelah kita pantau tadi memang tidak ada sembako mengalami kenaikan yang sangat signifikan, kalaupun tadi ditemukan ada kenaikan itu masih kita anggap wajar, karena tidak melebihi harga eceran tertinggi (HET).

“Jikapun nanti ditemukan dan terjadi kenaikan yang sangat signifikan, maka akan kita koordinasikan dengan instansi terkait untuk ditindaklanjuti,” kata Sudiyanto.

Untuk pasokan sembako, lanjut Sudiyanto, alhamdulillah dari beberapa kegiatan hari besar nasional baik itu hari besar keagamaan Islam maupun agama lain, ataupun hari besar nasional lainnya, sejauh ini OKI siap dan tidak ada masalah dengan ketersediaan sembako bagi masyarakat.

Penulis : Ilham (WAP45)
Editor   : Alfian
Publish : Ilham (WAP45)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password