Tangani Pelanggaran Pemilu, Panwaslu Tidore, Kepolisian dan Kejaksaan Bentuk Sentra Gakkumdu

Tikep

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Dalam menjaga kesepahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018 mendatang, Panwaslu Kota Tidore Kepulauan, Kepolisian Resor (Polres) Tidore, dan Kejaksaan Negeri Kota Tidore menggelar rapat pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) di Kantor Panwaslu Kota Tidore Kepulauan. (12/12/2017)

Ketua Panwaslu Kota Tidore Kepulauan, Ismail Idris, SH. menyampaikan, pembentukan Sentra Gakkumdu ini diharapkan dapat mencapai kesamaan pemahaman dan pola  penanganan tindak pidana pemilihan antara Panwaslu dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan untuk mewujudkan Sentra Penegakan Hukum yang terpadu dalam menangani pelanggaran pemilu mendatang.

“Sentra Gakkumdu memegang peranan penting dalam setiap monen penyelenggaraan pemilu baik pemilu Gubernur/Wakil Gubernur tahun 2018 dan  DPR, DPD, DPRD serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di 2019 mendatang.”Jelas Ketua Panwaslu Kota Tikep.

Sementara Kapolres Kota Tidore AKBP. Azhari Juanda, SIK menyampaikan, Pertemuan yang digelar panwaslu tikep ini untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilihan dan ini harus ditingkatkan guna mencapai keberhasilan penindakkan pelanggaran dugaan tindak pidana pada pemilihan umum.

Dalam rapat koordinasi awal ini, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Tidore M. Matulessy, SH  mengharapkan, setelah Gakkumdu dibentuk dapat bergerak cepat dalam penindakan pelanggaran Pilkada.

Rapat koordinasi awal pembentukan sentra Gakkumdu itu dihadiri Ketua dan Anggota Panwaslu kota Tikep, Kapolres Tidore Kepulauan, serta Kejaksaan Negeri Tidore Kepulauan berlansung aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun.

Sebelum Rakor Sentra Gakkumdu berakhi Kepala Sekretariat Panwaslu Tikep Abd. Malik Salasa, S.STP, M.Si. “Dalam satu minggu kedepan Personil Gakkumdu sudah akan turun ke setiap Kecamatan di Kota Tidore Kepulauan melakukan sosialisasi terkait pelanggaran yang terjadi pada pemilu,” Jelas Kasek Panwas Tikep

 

Penulis            : Ulfa

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password