Brigpol Maulidi : JANGAN MENIMBUN BARANG

Tribratanews.polri.go.id. polda
Kalbar-polres Sambas. (12/12/2017) sekira pukul 08.45 wb s/d selesai sesuai dengan perintah Kapolsek sejangkung untuk melaksanakan Giat Dds. Akhir-akhir ini banyak daerah yang langka atas gas 3Kg, oleh karena itu bhabinkamtibmas Polsek Sejangkung Polres Sambas bejerja keras menghimbau agar para pedagang untuk tidak menyetok gas tersebut.

Oleh karena itu sebanyak 12 (dua belas) personil bhabinkamtibmas diperintahkan oleh Kapolsek Sejangkung untuk menghimbau kepada para pedagang juga melakuka pengecekan secara langsung disetiap warung dan toko yang biasanya menjual gas 3Kg tersebut.

Bhabinkamtibmas pada saat memberikan himbauan memberitahukan jika menimbun barang-barang yang dijualbelikan terutama gas 3Kg tersebut telah melakukan perbuatan pidana yang telah ditentuka didalam Undang-undang perlindungan konsumen Nomor 08 tahun 1999 yakni hak untuk mendapatkan barang dan jasa.

Juga selaku umat muslim khususnya dalil haramnya perilaku menimbun barang yang dibutuhkan oleh banyak orang.*عَنْ مَعْمَرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم. قَالَ: لاَ يَحْتَكِرُ إِلاَّ خَاطِئٌ*
Dari Ma’mar bin Abdullah; Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang melakukan penimbunan melainkan dia adalah pendosa.” (H.r. Muslim, no. 1605)

*عن القاسم بن يزيد عن أبي أمامة قال : نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم أن يحتكر الطعام*

Dari Al-Qasim bin Yazid dari Abu Umamah; beliau mengatakan, “Rasulullah melarang penimbunan bahan makanan.” (H.r. Hakim, no. 2163, dalam At-Talkhish, Adz-Dzahabi tidak memberikan komentar untuk hadis ini)

Saat itu bhabinkamtibmas Desa Penakalan berpesan kepada para pedagang jangan ingin untung besar dengan cara yang salah / melanggar hukum.

Semoga Allah Azza Wa Jalla selalu memberikan kebaikan bagi kita semua. Yang benar datangnya dari allah dan yang salah dari diri penulis pribadi.
Selama kegiatan berjalan aman terkendali.

Penulis : Maulidi
Editor : Alfian nunar/nanang purnomo
Publis : Bunga Asri P

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password