Rp 6,9 Miliar Uang Negara Diselamatkan Polda Malut Selama Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut) di tahun 2017 ini, berhasil menyelamatkan uang negera kurang lebih Rp6,9 milyar dari kasus dugaan tindak pidana korupsi yang telah ditangani.

Hal ini sebagaimana disampaikan, Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirkrimsus) Polda Malut, AKBP Dedy Kurnia Tri saat melakukan hering dengan puluhan masa aksi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate yang bertandang di kantor Ditreskrimsus Polda Malut dalam rangka hari refleksi anti korupsi sedunia, Senin (11/12/2017).

AKBP Dedy Kurnia Tri juga mengatakan, uang negara senilai Rp6,9 Miliar yang diselamatkan tersebut berasal 12 perkara kasus dugaan korupsi dengan total tersangka 12 yang tengah di tangani sejak Januari hingga Desember 2017 ini.

Meski begitu kata AKBP Dedy Kurnia Tri, 12 perkara yang ditangani tersebut lima diantara masih dalam tahap penyelidikan yang dilakukan penyidik.

“Untuk Tahun ini Subdit III Tipikor berhasil menyelamatkan uang negara kurang lebih Rp6,9 milyar dari 12 perkara kasus korupsi.” kata Wadirkrimsus.

AKBP Dedy Kurnia Tri juga mengatakan, selama masa penyelidikan yang dilakukan, ditemukan beberapa kendala peraturan yang harus melalui proses auditor BPK dan sebaginya, namun katanya, yang membuat lambat bukanlah BPK akan tetapi struktural, sebab, BPK hanya melakukan audit.

AKBP Dedy Kurnia Tri Polda Malut juga menuturkan, di akhir tahun 2017 ini barulah dilakukan pembentukan tim investigasi yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

”Tim investigasi itu, kemarin sudah turun ke Kabupaten Kepulauan Sula untuk melakukan audit fisik. Audit yang mereka lakukan ini dibagi dalam wilayah-wilayah dan dilakukan secara marathon.” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password