Di Malang,Densus 88 Amankan Terduga Teroris

Tribratanews.polri.go.id- Polda Jatim, Anggota Densus 88 melakukan penangkapan terhadap  Kiki Rizky beralamat di Jl. Yulius Usman depan Alfamart, Kelurahan Kasin, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Sabtu (9/12/2017) sekitar pukul 09.30 WIb.

Tersangka Kiki Rizky alias Rizky Al Baiti aliass Kiki alias Abu Ukasah merupakan kelompok Jaringan Abu Jandal dan bergabung dengan ISIS di Suriah sebagai FTF dan sudah mengikuti Tadrib Askari dan Ribath

Setelah terduga teroris Kiki itu diamankan tersangka langsung dibawa ke Mako Brimob Ampeldento Malang untuk Interogasi, dari hasil interogasi didapatkan keterangan Kiki Rizky, kelahiran Malang, 31 Oktober 1976, berdomisili di  Jalan Kemuning V / 6, Sengkaling Indah II RT 02/ RW 06, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau,  Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Tersangka karyawan swasta (sopir), identitas istri  Amiroh, kelahiran Malang, 4 April 1987 yang memiliki anak bernama  Abdullah, Umar, Abdurahman dan Abdul Kadir.

Kronologi singkat  Kiki Rizky berangkat ke Suriah pada bulan lupa sekitar tahun 2013. Berangkat dari Malang bersama dengan Abdul Hakim naik pesawat, kemudian bertemu dengan rombongan yang lain di Jakarta, salah satunya adalah Salim Mubarok alias Abu Jandal, yang lainnya tidak tahu namanya.

Berangkat ke Suriah setelah sering mengikuti kajian dari Ust Andry Kurniawan di Masjid Al Ghifary alamat Sukarno Hatta Malang. Pada saat mengikuti kajian bertemu dengan Salim Mubarok alias Abu Jandal dan oleh Abu Jandal ditawari untuk berangkat ke Suriah.

Maksud dan tujuan ke Suriah sebagai pekerja sosial untuk membantu korban perang. Perjalanan bisa sampai ke Suriah dari Malang menuju Jakarta bersama dengan Abdul Hakim. Sesampainya di Jakarta bertemu Abu Jandal dan berangkat bersama sama dengan Abu Jandal dan beberapa orang lainnya (lupa) menuju Turki (transit di Singapura). Setelah dari Turki masuk ke Suriah melalui jalur darat (jalan kaki).

Berangkat ke Suriah dibiayai sebesar 1 juta oleh Helmi, Jalan Megamendung, Malang. Namun uang tersebut diberikan keluarganya. Sesampainya di Suriah tidak sesuai keinginan karena ingin membantu korban perang (sosial), namun disuruh untuk mengikuti pelatihan militer, Kiki Rizky tidak mengikuti pelatihan militer karena sakit setelah ditendang oleh instruktur.

Tersangka ke Suriah tanpa sepengetahuan istri maupun orang tua, karena berpamitan untuk kerja di Saudi.

Barang bukti yang diamankan antara lain unit sepeda motor Yamaha Mio GT warna biru-putih nopol N 4018 HX, uang tunai Rp. 65.000 (3 lembar pecahan Rp. 20.000 dan 1 lembar pecahan Rp. 5.000) dan bukti transfer bank BNI kepada Shopee Indonesia sebesar Rp. 155.000 pada tgl 2-10-2017 (beli barang online). Demikian informasi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Mangera, Sabtu (9/12/2017). 

Penulis  : Ice / hms jtm
Editor    : Alfian Nur
Publish  : Ice

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password