Polisi Tangani Kasus Kebakaran 30 Kios di Jalan Cenderawasih SP 2 Timika

Tribratanews.polri.go.id Polres Mimika, Timika –  Bertempat di Pasar SP 2 Jalan Cenderawasih Kampung Timika Jaya Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika, telah terjadi kebakaran yang dipicu oleh pertengkaran antara pedagang atau penjual pinang dengan pembeli, Jumat (08/12/2017) malam.

Kebakaran berawal dari pertengkaran yang terjadi antara penjual pinang dengan pembeli karena permasalahan uang kembalian. Pembeli yang dalam di pengaruhi oleh Minuman Keras (Miras) selanjutnya menagih uang kembalian yang sebesar Rp.10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah) dengan cara yang kasar dan sambil melakukan pengancaman akan membakar Kios Penjual Pinang tersebut.

Merasa terancam, penjual pinang kemudian mengambil pisau dan selanjutnya menusuk pinggang pembeli. Selanjutnya, pembeli tersebut melarikan diri dan kembali bersama 7 orang temannya yang juga dalam pengaruh miras mendatangi kios pedagang pinang dan langsung melakukan pengerusakan. Melihat hal tersebut, pemilik kios melakukan perlawanan. Karena kondisi yang tidak sebanding, pemilik kios kemudian melarikan diri dan mengamankan diri di kios lainnya.

Mengetahui keberadaan pemilik kios bersembunyi di kios lainnya, para pelaku pengerusakan tersebut kemudian membakar kios tempat persembunyian penjual pinang dan setelah melakukan pembakaran lalu melarikan diri.

Mendapatkan informasi tentang kejadian tersebut, Kabag Ops Polres Mimika bersama personel mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) lalu mengamankan pemilik kios beserta istrinya. Kebakaran dapat dipadamkan setelah 5 (Lima) unit Mobil pemadam kebakaran milik pemerintah Kabupaten Mimika datang untuk memadamkan.

Dalam kebakaran tersebut, sebanyak 30 (Tiga Puluh) kios hangus terbakar. Sementara 1 (Satu) orang yang merupakan pelaku pembakaran dirawat di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Caritas Kabupaten Mimika. Kasus tersebut dalam penanganan aparat Polres Mimika.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, pihak Kepolisian akan melakukan koordinasi dengan para tokoh adat agar kejadian tersebut tidak meluas dan berharap kepada masyarakat untuk saling menahan diri dan menyerahkan kasus tersebut kepada pihak Kepolisian.

“Tindakan Kepolisian yang dilakukan yakni Mendatangi TKP, Mengamankan TKP, Meminta Keterangan Saksi, Membantu Memadamkan Api, Melakukan penyelidikan dan Penyidikan,” kata Kombes Pol Kamal.

Penulis: Irwan

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password