Kapolda Papua Menjadi Narasumber dalam Dialog dan Perayaan HAM Se-dunia Ke-69 di Universitas Cenderawasih

Tribratanews.polri.go.id Polda Papua, Jayapura –Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH menjadi Narasumber dalam Dialog dan Perayaan hari Hak Asasi Manusia se-Dunia ke-69 dan Natal bersama Perhimpunan Advokasi Kebijakan Hak Asasi Manusia (PAK-HAM) dengan Tema Upaya Penegakan HAM Berbasis Kearifan Lokal di Auditorium Universitas Cenderawasih (Uncen) Distrik Abepura Kabupaten Kota Jayapura, Sabtu (09/12/2017) pagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kemenkopolhukam Brigjen TNI Rudy Syamsir, Asisten 1 Prov Papua Doren Wakerkwa, Ketua Pendiri PAK-HAM Prof. Yislam Alwini, Direktur PAK-HAM Dr. Mathius Murib, Dir Krimum Polda Papua Kombes Pol Drs. Henry Simanjuntak, STT Simon Waimori, Rektor Uncen Dr. Ir. Apolo Jafanpo, S.T, Mt, Waka Kurdam Letkol Jaka Basundo dan para undangan.

Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai Moderator yakni Uten Sutendy dan Narasumber yakni Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH, Kemenkopolhukam Brigjen TNI Rudy Syamsir dan Asisten 1 Prov Papua Doren Wakerkwa.

Asisten 1 Prov Papua Doren Wakerkwa mengungkapkan, membangun kesadaran dalam proses memperkuat persatuan korban pelanggaran HAM maka yang diperlukan adalah sebuah serangan perjuangan bersama melalui perhimpunan advokasi kebijakan dan hak asasi manusia Papua. Perhimpunan yang berbasis pada korban, selain dapat memperkuat persatuan antara korban pelanggaran HAM dapat juga menjadi media pembelajaran bagi para anggotanya. Karena dengan begitu keefektifan kampanye HAM dalam menuntaskan permasalahan pelanggaran HAM di Indonesia akan semakin baik dan kuat.

“Dialog perkembangan HAM di tanah Papua dirasa sangat penting untuk menjawab kebutuhan penyelesaian pelanggaran HAM, dengan begitu sosialisasi kepada masyarakat akan semakin meluas. Saya atas nama pribadi dan mewakili Gubernur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para pekerja HAM dari berbagai profesi baik dari kalangan pemerintahan sipil LSM gereja advokat akademisi dan media massa atau jurnalis,” kata Doren Wakerkwa.

Kapolda Papua Menjadi Narasumber dalam Dialog dan Perayaan HAM Se-dunia Ke-69 di Universitas Cenderawasih--

Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH menyampaikan, HAM telah masuk dalam kurikulum pendidikan Polri, karena Polisi harus menegakkan HAM disamping melaksanakan tugas sebagai penegakan hukum. Di Papua, kearifan lokal dibidang hukum ialah berkaitan dengan masalah hukum adat dan hukum adat telah menjadi hal yang mengakar serta menjadi pedoman bagi masyarakat Papua, meskipun juga ada hukum Nasional yang berlaku.

“Saat ini Polda Papua tengah menyusun regulasi yang lebih clear dalam proses restorative justice ini berbetuk peraturan Kapolda penjabaran dari UU Otsus pada pasal-pasal yang berkaitan dengan tugas Kepolisian. Affirmative action terhadap nilai-nilai adat yang ada di Provinsi Papua,” terang Kapolda.

Sementara itu, Kemenkopolhukam Brigjen TNI Rudy Syamsir mengatakan, telah dilihat bersama ada kerjasama antara PAK-HAM dengan Polda Papua untuk menerbitkan buku saku HAM kepada anggota Polda Papua atau Kepolisian Daerah Papua. Ini sangat luar biasa dan ini baru pertama kali dilaksanakan di Polda Papua atau di wilayah Papua.

“Kita tahu bahwa pada saat ini HAM kita lihat telah menyatu dengan kita sebagai sebagai universal dari lahir dan harus dilindungi serta hormati dan dipertahankan dan tidak boleh diabaikan oleh siapapun. Hal-hal tersebut tidak bisa kita ukur karena merupakan salah satu pedoman dalam diri kita dalam perjalanan waktu,” tutur Brigjen TNI Rudy.

Pada akhir acara dilakukan penyerahan buku saku PAK-HAM oleh Direktur PAK-HAM Dr. Mathius Murib kepada Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Boy Rafli Amar, MH dan selanjutnya Kapolda Papua memberikan buku saku PAK-HAM tersebut kepada perwakilan personil Polda Papua.

Kapolda Papua Menjadi Narasumber dalam Dialog dan Perayaan HAM Se-dunia Ke-69 di Universitas Cenderawasih-

Penulis: Bobi/Irwan

Editor: Alfian Nur

Publisher: Reinaldy N R

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password