Bhabinkamtibmas dan Lurah Woloan Satu Tomohon Gelar Mediasi Masalah Jual Beli Rumah Panggung

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Bhabinkamtibmas Kelurahan Woloan Satu Kecamatan Tomohon Barat, Aipda G.V. Rengkung bersama Lurah setempat, Felmy Kekung memediasi permasalahan jual-beli rumah panggung, Jum’at (08/12/2017).

Dalam mediasi yang digelar di Kantor Lurah Woloan Satu, diketahui bahwa masalah tersebut melibatkan antara seorang perempuan berinisial SMA (pembeli), warga Kabupaten Minahasa Utara, dengan seorang pria berinisial LS (penjual), warga kelurahan setempat.

Bermula ketika SMA melihat seorang warga Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara sedang mendirikan rumah panggung berbahan material kayu, yang penjualnya adalah LS. Karena tertarik dengan model rumah itu, SMA pun berniat untuk membeli rumah serupa.

Awal April 2017, SMA mendatangi rumah LS untuk bertransaksi dan diperoleh kesepakatan harga rumah, sebesar Rp 62.500.000. Selanjutnya pada 8 April 2017, keduanya kembali bertemu lalu dibuatkan kwitansi sebagai tanda jadi, dengan ketentuan pembayaran bisa diangsur dan rumah akan selesai pada Oktober 2017.

Setelah memberikan uang tanda jadi tersebut, SMA beberapa kali juga mencicil kepada LS melalui transfer maupun kontan dan akhirnya pembayaran pun lunas. Namun hingga saat yang telah ditentukan, LS belum bisa menyiapkan rumah yang dipesan oleh SMA dengan alasan kehabisan dana. Hal ini membuat SMA merasa keberatan.

Dalam mediasi yang dihadiri oleh kedua belah pihak, akhirnya menemui titik terang. LS berjanji akan menyelesaikan rumah pesanan SMA pada awal Januari 2018. Perjanjian tersebut dituangkan dalam surat pernyataan. “Semoga pak LS bisa memenuhi janjinya sehingga masalah ini cepat selesai,” ujar Aipda Rengkung.

Penulis: Johnny
Editor: Alfian
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password