Pengukuhan Warga Adat Osing : Pesona Budaya di Ujung Timur Pulau Jawa yang Masih Terjaga Hingga Kini

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jatim – Polres Banyuwangi – Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si. dan istri menerima kehormatan dan dikukuhkan sebagai warga Osing. Prosesi yang digelar di Sanggar Genjah Arum tersebut dihadiri oleh puluhan masyarakat adat desa Kemiran Kecamatan Glagah Banyuwangi, Jumat (8/12).

Prosesi adat berupa pemasangan udeng (ikat kepala) oleh tetua adat tersebut merupakan penanda bahwasanya AKBP Donny dan keluarga yang notabene baru seminggu menjabat sebagai Kapolres Banyuwangi telah resmi diterima oleh masyarakat khususnya suku Osing yang merupakan salah satu suku asli Banyuwangi.

Dalam acara adat sederhana namun sakral dan penuh nilai budaya adi luhung tersebut, berbagai kesenian tradisional diantaranya tari Gandrung, Othek atau musik lesung disajikan secara live oleh masyarakat adat KemirAn. Selain itu, kuliner khas Banyuwangi seperti soto rujak, pecel pitik dan kopi Osing yang disuguhkan serta rumah adat yang nampak sangat terawat didukung ornamen maupun interior lawas, seolah menarik setiap pengunjung ke masa lampau.

1c37f8b2-d41d-4ee8-af3b-1de0e6bf1982Salah satu tokoh adat sekaligus pemerhati budaya Osing Setiawan Subekti atau yang kerap dipanggil Iwan menyampaikan dalam sambutannya bahwa penerimaan warga baru dalam suku Osing sudah ada sejak zaman leluhur dan masih dipegang kuat hingga kini. Pun demikian dengan rumah adat itu sendiri yang tidak setiap saat bisa dibuka dan dinikmati oleh pengunjung Sanggar Genjah Arum.

“Disinilah pusat budaya dan para seniman Osing mengekspresikan diri” jelas Iwan.

Sementara itu, AKBP Donny menuturkan, pihaknya sangat berterimakasih dan merasa terhormat bisa diterima dan menjadi bagian dari warga Osing. Sebagai warga baru sekaligus menjadi orang nomor satu di jajaran Kepolisian Banyuwangi, AKBP Donny memohon dukungan dan masukan dari seluruh warga dalam peran sertanya menjaga Kamtibmas kondusif di Kabupaten Banyuwangi.

9760acdb-0ee9-4614-8c94-66496909bf01“Terima kasih telah diterima sebagai bagian dari warga Osing disini. Mohon dukungan dan kerjasamanya untuk membawa Kabupaten Banyuwangi menjadi lebih baik” ucap AKBP Donny.

Diakhir acara, AKBP Donny dan istri didapuk menarikan tari gandrung bersama dengan tamu undangan lainnya dengan mengikuti gerakan dari penari asli lengkap dengan iringan alat musik yang dimainkan oleh para seniman desa Kemiran.

Penulis : Ady / Polres Trenggalek Jatim
Editor : Alfian Nur
Publish : Handoko / Polres Trenggalek Jatim

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password