Ditlantas Polda Bali Edukasi 40 Personel Pengelola Media Sosial

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali, Direktorat Lalu Lintas Polda Bali mengumpulkan para personel Satlantas Polres se-Bali yang ditunjuk sebagai pengelola media sosial (medsos) di Ruang Rapat Ditlantas Polda Bali, Jumat (8/12/2017). Mereka diminta untuk berhati-hati dan saling santun serta bijak dalam memposting berita maupun informasi menggunakan media sosial, seperti facebook, instagram dan twitter.

“Para personel ini adalah admin medsos untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait lalu lintas. Para admin bukan berbicara atas nama pribadi melainkan membawa nama institusi, jadi harus hati-hati dan bijak menggunakan medsos,” imbau Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Bali AKBP Andy Prihastomo, S.H., S.I.K., M.H.

Atas imbauan tersebut, para admin bersepakat untuk waspada terhadap sejumlah situs penyebar berita bohong (hoax) dan akan memberikan berita dan informasi pelayanan lalu lintas kepada masyarakat yang sebenarnya. “Kami tidak ingin masyarakat disesatkan dengan berita hoax terkait berita maupun informasi pelayanan publik terkait lalu lintas,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Ditlantas Polda Bali juga mendatangkan Founder Info Denpasar, Yus Sudibya, S.H. sebagai narasumber. Keempat puluh personel tersebut diberikan edukasi tentang cara bermedia sosial dan penggunaan Bahasa yang baik dan benar. Bahkan mereka juga diberikan materi tentang bagaimana menangkal dan mengetahui berita hoax.

Ditempat terpisah, Direktur Lalu Lintas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, S.H., S.I.K. membenarkan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Bahkan kegiatan itu merupakan ide dan prakarsanya, mengingat penyebaran berita hoax di medsos sudah tidak bisa dibendung.

Menurut mantan Kabid Humas Polda Bali ini, pengguna medsos harus diedukasi. Hampir seluruh lapisan masyarakat cenderung menggunakan gadgetnya pada saat mencari sebuah informasi.

“Untuk itu, kita akan gunakan media sosial ini sebagai sarana memberikan edukasi, informasi kepada masyarakat. Termasuk sebagai sarana komunikasi kita kepada masyarakat, agar kita tahu kemacetan dan komplain atas pelayanan. Dengan demikian, kinerja dan citra Polri akan semakin baik dan meningkat,” terang perwira melati tiga di pundak ini.

Penulis : Bina Wartawan

Editor   : Swanjaya

Publish : Christian Udayana

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password