Begini Aksi Sosial Kapolsek Sinjai Barat, Turun Langsung Bantu Korban Kebakaran

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolsek Sinjai Barat Akp Kasri menunjukkan rasa sosialnya antar sesama dengan mengunjungi korban kebakaran di Lingkungan Kaluarang, Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat, Kab. Sinjai, Jumat (08/12/17).

Rumah yang dikunjungi adalah milik nenek Cabo (60). Kapolsek Sinjai Barat bertandang kesana bersama Camat Sinjai barat Andi Paris, A.Ks.

Peristiwa naas itu terjadi pada hari Selasa (05/12/17) sekira pukul 03.00 dini hari, kebakaran bermula dari dapur nenek Cabo yang lupa mematikan api sehingga terjadi kebakaran dan menghanguskan rumahnya.

Kapolsek sinjai barat Akp Kasri turut berduka atas kejadian kebakaran yang menimpa korban dan memberikan motivasi semangat kepada nenek Cabo bahwa segala sesuatu yang terjadi dimuka bumi ini semuanya telah ditakdirkan dan dibalik kejadian ini ada hikmah dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang kita tidak ketahui.

“Kami memberi semangat dan menghibur korban agar tidak trauma dan berkecil hati atas kejadian ini,” ujar Kapolsek.

Dalam kunjungan tersebut Kapolsek Sinjai Barat Akp Kasri bersama anggota memberikan bantuan berupa bingkisan sembako kepada korban, “Mudah-mudahan bisa sedikit membantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” harap kapolsek.

Tindakan Kapolsek Sinjai Barat yang turun langsung membantu warga yang kesusahan akibat musibah kebakaran merupakan bukti empati sekaligus bukti keimanan seorang muslim, Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password