Meneladani Akhlak dan Kepemimpinan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jadi Tema Peringatan Maulid di Polda Sulsel

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Sudah menjadi tradisi setiap bulan Rabiul Awwal digelar peringatan maulid nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kali ini Polda Sulsel merayakan maulid nabi di Mesjid Syuhada 45 Mapolda Sulsel, Jumat (08/12/17).

Peringatan maulid ini mengusung tema “Meneladani Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW, Kita Wujudkan Insan Polri yang Unggul dan Kompetitif” yang dibawakan oleh Ust. H. Amri Amir, M.Ag.

Acara dibuka dengan sambutan Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono, dalam arahannya Umar mengajak para jamaah untuk meneladani akhlak nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, selain itu Umar juga menekankan untuk menjaga sholat lima waktu di mesjid.

“Lima waktu saya diawal waktu, berjamaah di mesjid, di shaf depan sebelah kanan, itu harga mati,” ucap mantan Kapolda NTB tersebut.

Ia juga memberikan contoh keteladanan untuk menggunakan pangkat dan jabatan kepada hal yang ma’ruf, “Kekuatan apapun yang saya miliki, pangkat, jabatan, digunakan untuk itu (Agama) sebagai muslim yang baik menjaga agama Allah,” ucapnya.

Usai arahan Kapolda dilanjutkan ceramah agama oleh Ust. H. Amri Amir, M.Ag, dalam ceramahnya sang ustadz menekankan pentingnya meneladani akhlak nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam disetiap sudut kehidupan, mulai dari tidur sampai tidur kembali.

Salah contoh keteladanan yang disebutkan oleh sang ustadz adalah menumbuhkan sifat penyayang para suami kepada istri-istrinya.

 

Dipenghujung acara tersebut dilaksanakan penilaian lomba menghias telur. Diposisi pertama yang berhasil menjadi juara adalah Satbrimobda, ditempat kedua Ditpolair, ketiga Ditreskrimsus, keempat Setum dan terakhir Bid Dokkes Polda Sulsel.

Orang yang benar-benar mencintai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang menampakkan tanda-tanda tertentu pada dirinya. Diantaranya adalah :

1. Mengikuti Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mentauhidkan Allah Azza wa Jalla, menjauhi syirik, mengerjakan Sunnahnya, mengikuti perkataan dan perbuatan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beradab dengan adabnya.

2. Lebih mendahulukan perintah dan syari’at Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam daripada hawa nafsu dan keinginan dirinya.

3. Banyak bershalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sesuai dengan Sunnahnya. Allah Azza wa Jalla berfirman.

“Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi k dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya” (al-Ahzab/33:56)

4. Mencintai orang yang dicintai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, baik keluarga maupun Shahabatnya yang Muhajirin dan Anshar serta memusuhi orang-orang yang memusuhi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan membenci orang yang membencinya.

5. Mencintai al-Qur’an yang diturunkan kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mencintai Sunnahnya, dan mengetahui batas-batasnya.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password