Ringankan Beban Kakek Uppe, Kapolsek Sinjai Tengah Berikan Bantuan Sembako

IMG-20171207-WA0012

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Kapolsek Sinjai Tengah Akp Sunyoto melaksanakan kujungan ke rumah salah seorang warga di Dsn. Salohe, Ds. Kanrung, Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai yang biasa dipanggil puang Uppe (70) oleh warga sekitaran rumahnya, Kamis (07/12/12).

Puang Uppe bersama istrinya yang secara ekonomi dibawah garis kemiskinan ini sudah termasuk dalam kategori lanjut usia dan mengalami penyakit lumpuh selama 10 tahun, kesehariannya hanya bisa duduk didepan pintu rumahnya tanpa bisa berbuat apa – apa.

Hal inilah yang menggugah hati Kapolsek Sinjai Tengah untuk melakukan suatu hal mulia antar sesama dengan memberikan bantuan berupa sembako untuk membantu meringankan beban kebutuhannya sehari – hari.

Kegiatan ini merupakan Program Commander Wish Kapolda Sulsel yang dilaksanakan Polres Sinjai dan Jajarannya dalam bentuk kepedulian sosial antar sesama.

Diakhir kunjunganya Kapolsek juga memberikan motivasi hidup untuk selalu bersabar dan tabah akan cobaan yang didapat serta akan ada hikmah dibalik cobaan ini.

Membantu sesama muslim merupakan bukti empati sekaligus membuktikan keimanan seorang muslim, Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ’anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allah Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allah akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban)

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang maknanya), “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat.”

Karena balasan itu sesuai dengan jenis perbuatan. Hadits-hadits tentang masalah ini banyak sekali, misalnya sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,

“Sesungguhnya Allah menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan lainnya dari Usamah bin Zaid Radhiyallahu anhu).

Seorang Muslim hendaknya berupaya untuk membantu Muslim lainnya. Membantu bisa dengan ilmu, harta, bimbingan, nasehat, saran yang baik, dengan tenaga dan lainnya.

Seorang Muslim hendaknya berupaya menghilangkan kesulitan atau penderitaan Muslim lainnya. Bila seorang Muslim membantu Muslim lainnya dengan ikhlas, maka Allah Azza wa Jalla akan memberikan balasan terbaik yaitu dilepaskan dari kesulitan terbesar dan terberat yaitu kesulitan pada hari Kiamat.

Oleh karena itu, seorang Muslim mestinya tidak bosan membantu sesama Muslim. Semoga Allah Azza wa Jalla akan menghilangkan kesulitan kita pada hari Kiamat.

Penulis : Rosdiana

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password