Bhabinkamtibmas Desa Sebubus Polsek Paloh Bersama Kades Sebubus Menyelesaikan Masalah Sengketa Lahan

IMG-20171207-WA0019

Tribratanews.polri.go.id, Polda Kalbar, Polres Sambas, permasalahan yang ada di masyarakat tidak semuanya harus diselesaikan dengan jalan hukum yang berlaku, seperti yang dilakukan oleh Brigpol Muriadi,S.Ip Bhabinkamtibmas desa sebubus polsek paloh melaksanakan problem solving terkait masalah pengaduan perdata sengketa lahan di Dusun Sebuluh Rt 002 Rw 001 Desa Sebubus seluas 416 meter persegi di Balai Desa Sebubus Kec. Paloh Kab. Sambas pada hari kamis 07/12/17 pukul 08.30 wib.

Masalah tersebut berawal dari adanya  ketidakpuasan dari penjualan tanah yang melibatkan tanah orang lain sehingga ada  pihak lain yang merasa dirugikan atas penjualan sebidang tanah tersebut, sehingga pihak yang merasa dirugikan melaporkan masalah tersebut kepada Bhabinkamtibmas dan kepala desa untuk diselesaikan secara musyawarah kekeluargaan.

Muriadi,S.Ip menjelaskan kronologi pemilik lahan tersebut yaitu Sdr Asong membeli sebidang tanah kepada Sdr Chan Tet Jin, akan tetapi di dalam sebidang tanah tersebut ada tanah milik Sdr. Suhardi alias Ahoi kemudian tidak terima hal tersebut Sdr. Ahoi melapor ke Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas.

Atas kejadian tersebut Bhabinkamtibmas bersama kepala desa memanggil semua pihak dan saksi untuk dilakukan musyawarah / mufakat di Balai Desa Sebubus Kec. Paloh untuk mencari jalan keluar yang terbaik, setelah adanya kata mufakat bahwa pihak terlapor sanggup mengganti rugi sejumlah biaya yang ditentukan maka masalah tersebut dituangkan dalam surat kesepakatan bersama yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak serta para saksi maka permasalah tersebut dinyatakan selesai dengan damai.

Penulis   : Bong R. Wijaya
Editor      : Alfian Nunar / Nanang P
Publish   : Ilmy PNC

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password