Dialog Lintas Agama di Sumut, Kakor Binmas : Indonesia Bersatu Karena Semangat Sumpah Pemuda

WhatsApp Image 2017-12-07 at 12.50.42

Tribratanews.sumut.polri.go.id – Polda Sumut, Ribuan masyarakat dari tokoh masyarakat dan tokoh agama menghadiri dialog umat beragama di Medan, Sumatera Utara. Dialog ini membahas soal terorisme hingga permasalahan narkoba.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung MICC, Jalan Gagak Hitam, Medan, Kamis (7/12/2017). Hadir dalam acara itu mewakili Kapolri adalah Kakor Binmas Polri Irjen Arkian Lubis, Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan ini, Irjen Arkian mengatakan, Indonesia memiliki keberagaman suku, agama, adat dan budaya. Ia mengatakan, Indonesia bersatu karena semangat Sumpah Pemuda.

“Indonesia masih bersatu karena semangat Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan 1945,” ujarnya.

Arkian memaparkan, setiap kelompok memiliki potensi konflik. Untuk menghindari potensi konflik itu, menurutnya harus memperkecil perbedaan kepentingan. Selain itu, ia juga mengajak secara bersama-sama untuk mencegah radikalisme dan terorisme. Jenderal bintang dua itu menyebut, gerakan ISIS menyebarkan ancaman terorisme di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

“ISIS berniat membangun basis perjuangan di Filipina yang dapat berakibat terhadap keamanan dalam negeri. Kita harus mencegah radikalisme dan terorisme,” jelasnya.

Polri berperan untuk memelihara kamtibmas, menegakkan hukum, memberikan pertolongan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

WhatsApp Image 2017-12-07 at 13.35.20

Para pemuka agama di Sumut juga meminta kepada Polri menindak tegas siapa saja yang melakukan upaya adu domba, dan berkomitmen bekerja sama dengan Polri untuk menggaungkan semangat persatuan dan kebangsaan dalam bingkai NKRI.

Kapolda Sumut mendapat apresiasi dan ucapan terimakasih disampaikan oleh perwakilan dari tokoh agama atas terlaksananya dialog antar umat beragama.

“Perwakilan dari tiap tiap tokoh Agama mengucapkan terimakasih kepada panitia atas terlaksananya acara tersebut. Selain itu, ucapan terimakasih diberikan kepada Polda Sumatera Utara karena telah mendukung dan mengamankan acara ini,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting.

Penulis : Rico/ dtc

Editor : Alfian

Publish : Rico

 

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password