Turut Prihatin, Kabid Humas Jenguk Seorang IRT Penderita Tumor Ganas

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Pintu hati Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani kembali terketuk setelah mengetahui ada salah seorang warga di Jalan Veteran Lorong 43 No. 36 (Samping Kanal) kota Makassar yang hanya bisa terbaring lemah di rumahnya karena penyakit ganas yang dialaminya.

Berangkat dari informasi tersebut Dicky kemudian mengunjungi perempuan tersebut yang diketahui bernama Daeng Ramlah (43), seorang ibu rumah tangga (IRT) yang menderita penyakit tumor ganas selama empat tahun dirumah kontrakannya, Kamis (7/12/17).

Tumor yang dialaminya terus membesar di kepalanya, berbagai usaha ia lakukan untuk mengobati penyakitnya itu, ia pun pernah melakukan berbagai cara namun sampai saat ini tumor ganas itu masih melekat.

Saat berkunjung, Kabid Humas langsung disambut oleh suaminya Daeng Ramlan, Darwis. Daeng Ramlah sudah lama menderita tumor ganas hampir empat tahun.

Mengunjungi dan menjenguk orang sakit merupakan kewajiban setiap muslim, menjenguk orang sakit termasuk amal shalih yang paling utama yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Ta’ala, kepada ampunan, rahmat dan Surga-Nya.

Mengunjungi orang sakit merupakan perbuatan mulia, dan terdapat keutamaan yang agung, serta pahala yang sangat besar, dan merupakan salah satu hak setiap muslim terhadap muslim lainnya.

Rasulullah shallallahu alahi wassallam bersabda:

“Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Terakhir, hendaknya orang yang membesuk mendoakan orang yang sakit:

“Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membersihkanmu dari dosa-dosa, Insya Alloh.” (HR. al-Bukhari).

Atau doa:

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. at-Tirmidzi, dan Abu Daud)

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password