SPN Singajara Didik 11 Security Tak Berkualifikasi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Bali – Sebanyak sebelas security yang belum mengantongi sertifikat berkualifikasi sebagai satuan pengamanan (Satpam) mengikuti pendidikan tingkat Gada Pratama di SPN Singaraja sejak Kamis (16/11/2017) lalu. Kesebelas Satpam ini sudah bekerja di tempat hiburan dan restoran di seputaran Seminyak dan Legian, Kuta, Badung.

Kali ini seluruh peserta mendapatkan pelatihan kemampuan teknis beladiri, penggeledahan dan penangkapan dari Gadik (Tenaga Pendidik) Beladiri Polri SPN Singaraja. Hal ini bertujuan agar satpam mampu menghadapi tantangan tugas sebagai mitra Polri di lapangan, Kamis (7/12).

Kepala SPN Singaraja Kombes Pol. Jefri Yanus Endolemba Torunde, S.I.K. mengatakan, pihaknya sudah mendidik Satpam sebanyak dua gelombang di tahun ini. Pada gelombang pertama yaitu pada bulan Juni 2017, pihaknya mendidik sebanyak 23 security. Namun pada gelombang kedua ini, SPN Singaraja mendidik satu orang Satpam wanita yang bekerja di PT. Global Mulya Sejahtera, Denpasar.

“Setelah lulus pendidikan tingkat pertama (Gada Pratama), maka akan mengikuti pendidikan tingkat dua yang disebut Gada Madya. Kemudian akan mengikuti pendidikan tingkat tiga yang disebut Gada Utama,” ucap Kombes Pol. Jefri Yanus Endolemba Torunde, S.I.K.

Mantan Kapolres Karangsem ini menambahkan, pelatihan Satpam Gada Pratama bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepolisian terbatas untuk membentuk sikap dan perilaku petugas Satpam. Melalui pendidikan ini, petugas satpam akan dapat melaksanakan tugas pokoknya yaitu menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

“Pelatiham Satpam ini merupakan suatu keharusan bagi seluruh Satpam yang ada, karena sesuai dengan Perkap No. 24 Tahun 2007 bahwa seluruh Satpam harus dididik di lembaga pendidikan yang ada di lingkungan Polri. Satpam merupakan mitra Polri dalam melaksanakan tugas kepolisian terbatas untuk menciptakan Kamtibmas,” imbuhnya.

Penulis  : I Ketut Bina Wartawan

Editor    : Swanjaya

Publish  : I Putu Suwardhana.M

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password