Koordinasi Lintas Sektor Tingkatkan Pengelolaan Taman Nasional Bunaken

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulut – Dalam rangka meningkatkan serta penguatan efektifitas pengelolaan Taman Nasional Bunaken, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melalui Balai Taman Nasional Bunaken Sulut menggelar sosialisasi serta koordinasi bersama Polda Sulawesi Utara dan stake holder terkait lainnya, Kamis (7/12/2017) di aula Tribrata, Mapolda Sulut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Irwasda Polda Sulut Kombes Pol Hotman Simatupang, Dir Pamobvit Kombes Pol Yudi Sumartono, para Kapolres/ta, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken Farianna Prabandari serta seluruh stake holder terkait lainnya.

Menurut Kepala Balai, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengkoordinasikan kebijakan, program dan kegiatan untuk mendukung pengelolaan Kawasan TN Bunaken, khususnya berkaitan dengan manajemen pengunjung dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

“Diharapkan dengan pertemuan ini akan terjalin komunikasi lintas sektoral dalam mendukung pengelolaan Taman Nasional Bunaken khususnya dalam upaya mengoptimalkan pelayanan pengunjung ke Kawasan Taman nasional Bunaken dan obyek wisata di sekitarnya,” ujarnya.

Sementara itu menurut Irwasda Polda Sulut saat membuka acara, pengelolaan Taman Nasional Bunaken merupakan tangung jawab bersama sesuai dengan fungsi dan peranan masing-masing.

“Bunaken merupakan ikon nasional maupun internasional, diperlukan keterlibatan semua stake holder dalam membenahi Bunaken,” ujar Irwasda.

Dengan adanya sosialisasi seperti ini menurutnya akan menimbulkan kesadaran bahwa Taman Nasional Bunaken merupakan aset penting pariwisata yang ada di Indonesia.

Terkait dengan PNBP, Irwasda Polda Sulut yang juga selaku Ketua Tim Saber Pungli Provinsi Sulut mengingatkan hati-hati dengan penyelewengan maupun pungli dalam pengelolaan dana PNBP. “Kita akan awasi itu,” tegasnya.

Beliau berharap Bunaken kedepan akan semakin bagus baik bagi wisatawan domestik maupun internasional, juga menjadi pemasukan negara melalui PNBP.

Penulis: Supri
Editor: Alfian
Publish: Roni

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password