Baik dan Demokratis, Pemilu Kab. Matra Bersama Polres Matra dan Pemerintah Daerah

tribratanews.polri.go.id – Polda Sulbar, Telah berlangsung Rapat Koordinasi Panwaslu dengan Stakeholder Se Kabupaten Mamuju Utara (Mengawal Proses Pemilihan Data Pemilih Pada Pemilihan Serentak Tahun 2019), hari ini Rabu (6/11/2017) di Aula Wisma Trisakti Pasangkayu Kab. Matra. Acara resmi dibuka oleh Bupati Matra H. Agus Ambo Djiwa, H.Makmur dan dihadiri  Ketua Bawaslu Prov. Sulbar, WakaPolres Matra Kompol Mihardy M, SH, S.I.K, Danramil Pasangkayu (yang mewakili), Ketua Panwas Kab. Matra Syamsuddin SH, Komisioner Panwas Andi Nurhadi S.Sos, Ketua KPU Matra Ishak Ibrahim SH, Komisioner KPU Matra Harliwodd Suly Junior, Para Camat Se Kab. Matra, Para Kepala Desa Se Kab. Matra, dan Para Pimpinan SKPD Lingkup Kab. Matra.

Sebagaiamana Bahwa pemilu kita tegakkan , intinya peran masyarakat pada pengawasan, Pada pemilihan Tahun 2019 kami tidak hanya menitikberatkan pengawasan pemilu ke Panwascam tetapi juga kepada masyarakat sekitar jika menemukan suatu pelanggaran Pemilu, dan silahkan awasi ketika ada dugaan pelanggaran secara menyeluruh kami sangat harapkan informasi data , agar kami dapat melakukan pengawasan secara maksimal, Ucap Syamsuddin SH.

Pelaksananan pemilu 2019 kita sepakat melaksanakan dengan baik dan demokratis , kependudukan walaupun sudah ada dinas capil untuk mendata masyarakat dari desa dusun dan masih tetap muncul masalah kependudukan pada pemilu, kemudian Mengawal proses pemuktahiran data penduduk , Kapala desa sangat trastegis memberikan data yang akurat tentang data di wilayahnya, Ucap H.Makmur.

Kades menjadi penyumbang terbesar bagi pengawas pengawas pimilu, Mengingat tindak pidana pemilu akan di proses di dalam sentra gakumdu (Sentra penegakan Hukum Terpadu), dan Terkait penegakan tindakan hukum , tugas pokok kami mengamankan , dalam hal ini , orang maupun tempat, kami mohon Bantuan dengan sangat dalam pengamanan pemilu ini bersama TNI , KPU, dan Panwas demi suksenyaa pemilu tahun 2019. Ucap Mihardi, S.H.,S.IK

Pekerjaan KPU yaitu memuktahirkan data pemilih yang bersumber dari Pemerintah , daftar pendudk potensial pemilu DP4 akan di serahkan ke KPU provinsi, Dp4 setelah tiba akan dilakukan sinkronisasi dengan daftar pemilu terakhir pada pilkada gubernur tahun ini akan di teima oleh KPU Kabupaten untuk di muktahirkan, dan Rencana jumlah TPS di Matra 382 TPS , itu estimasi untuk pemilu 2019 di kab.Matra.

Yang menjadi kendala pemilu adalah data pemilih yang menjadi kwalitas pertanyaan Masyarakat Khususnya para kepala desa, karena Pemilih harus berbasis desa, namun Semua orang yang telah memenuhi syarat Pencoblosan adalah berumur 17 tahun terhitung di Tanggal 17 April 2017, yang telah Menikah di bawa Umur 17 tahun,belum mempunyai akta Nikah belum wajib dalam Mengikuti Pencoblosan,dan banyaknya pemilih kita yang tidak jelas,dalam artian sering Berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lain terdata di dua Tempat itu masih perlu di pertimbangkan keputusan Bersama, dan Khusunya KPU dan Panwaslu Untuk Saling berhubungan/Berkomunikasi di lapangan untuk masalah Pendataan Penduduk dalam memperlancar Proses Pemilu.Ucap Ketua Bawaslu Prov. Sulbar”.

Penulis : Triyono Abidin

Editor   : Alfian

Publish : Andi Srirahayunita

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password