Pengawasan Dana Desa dibutuhkan Skill dan atau Profesionalisme

Tribratanews.polri.go.id. Polda Kalbar, Polres Bengkayang – Kepala Kepolisian Sektor Ledo Bapak IPDA Maju Kennedy Siregar, S.H Menindak lanjuti nota kesepahaman (MoU) antara Kemendes, Kemendagri dan Kapolri tentang Pencegahan, pengawasan dan permasalahan dana desa, Kapolres Bengkayang Bapak AKBP Permadi Syahid Putra, S.I.K., M.H. Menyampaikan arahan kepada seluruh Kapolsek Jajaran Polres Bengkayang, Dalam hal ini ditindak lanjuti Kapolsek Ledo Bapak IPDA Maju K.Siregar, S.H. dengan mengundang seluruh Kepala Desa se Kecamatan Ledo Kabupaten Bengkayang hadir beberapa waktu yang lalu di Balai Kemitraan Polsek Ledo, Selasa (06/12/2017) Sekira pukul 08.05 wib sampai selesai.

Untuk diberikan arahan dan masukan terkait penggunaan Dana Desa, pada kesempatan tersebut juga hadir Camat Ledo Bapak Sundun, S.E. Serta Bhabinkamtibmas Polsek Ledo,
Dalam sambutannya Kapolsek Ledo menyampaikan arahan bahwa sebagai dasar dilaksanakan pertemuan dengan seluruh Kepala desa yaitu amanat undang – undang tentang Kepolisian, Undang – undang Desa dan MoU Kemendes, Kemendagri bersama Kapolri.

” Kapolsek Ledo menyampaikan bahwa di era sekarang ini semua pelayanan masyarakat harus dapat diketahui oleh Publik sebagaimana diatur dalam Undang – undang Keterbukaan Informasi Publik dan hal ini tentu sangat berkaitan dengan pengelolaan Dana Desa yang transparan “, Sehingga Kehadiran Bhabinkamtimas mewakili Kapolsek Sanggau Ledo dapat menyerap Anggaran Sesuai dengan peruntukannya tentu Demi hukum personil Polsek Ledo dalam hal ini para Bhabinkamtimas yang Mengawaki Pengawasan Dana dimasing-masing Desa di wilayah hukum Polsek Ledo harus Memiliki Skill dan atau Profesionalisme dibidang Penyerapan Anggaran Dana Desa.

” Kehadiran Bhabinkamtibmas di Desa bertujuan untuk mengawal Pengelolaan Dana Desa supaya tidak terjadi Penyimpangan bahkan Penyelewengan,Karena itu tentu dalam pengelolaan Dana Desa harus dengan baik yang harus diawali Perencanaan, membuat Kebutuhan anggaran sesuai ketentuan yang berlaku disesuaikan dengan tingkat Kebutuhan mulai dari Level bawah tingkat Dusun yang secara terpimpin sehingga kesulitan menuju di Desa masing – masing, dan pembangunan fisik / sarana prasarana yang dilaksnakan Desa lebih mengutamakan Pemberdayaan masyarakat, Sehingga perekonomian masyarakat juga akan tumbuh dan berkembang, dan selanjutnya setelah semua kegiatan terlaksana harus dilengkapi dengan pertanggungjawaban dana yang dipergunakan”.

Pada pertemuan tersebut hampir semua Kepala Desa menyampaikan kendala yang dihadapi dalam mengelola Dana Desa dan sangat mengaharapkan arahan dan pertemuan dapat dilaksanakan secara periodik berkelanjutan.

Dengan diadakan pertemuan diaharapkan terjalin komunikasi yang baik, Sehingga penggunaan Dana Desa terhindar dari penyalahgunaan dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat sebagaimana Nawacita Presiden Republik Indonesia yang menginginkan pembangunan mulai dari Tingkat Desa dapat terwujud dan masyarakat merasakan kesejahteraan, Hal itu dikomunikasikan ketika berlangsung pertemuan oleh Kapolsek Ledo Bapak IPDA Maju Kennedy Siregar, S.H.

Penulis : Kennedy S
Editor : Alfian N/
Nanang P.
Publish : Dhean

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password