Jaga Kondusifitas Jelang Pilkada, Polsek Ulaweng dan Koramil Ulaweng Gelar Patroli Bersama

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Demi terjaganya situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang selalu aman dan kondusif. Personil Polsek Ulaweng dan Koramil Ulaweng melaksanakan patroli bersama di wilayah hukum Ulaweng, Kabupaten Bone, Selasa (5/12/17).

Patroli yang melibatkan dua pilar penting dalam menjaga NKRI tersebut menindak lanjuti adanya isu yang berkembang di tengah masyarakat tentang pengrusakan baliho salah satu calon baik bakal calon bupati -wakil bupati Bone maupun bakal calon gubernur–wakil gubernur dari orang orang yang tidak bertanggungjawab.

Patroli dipimpin langsung oleh Kapolsek Ulaweng Akp Subair dan Danramil Kapten Inf, Elo Renta dengan menggunakan kendaraan dinas sepeda motor.

Patroli gabungan ini sebagai langkah pencegahan terhadap aksi kriminal maupun radikal serta kejahatan lainya jelang pilkada agar masyarakat yang beraktivitas memperoleh keamanan dan kenyamanan.

“Patroli gabungan ini sekaligus mengecek, memantau baliho pasangan cagub dan cawagub maupun bupati dan wakil bupati yang terpasang menjelang pilkada tahun 2018, demi mencegah terjadinya tindakan pengrusakan dan tindakan kriminal lainnya,”ucap Akp Subair.

Subair melanjutkan, “kami juga berkordinasi dengan para kepala desa se kecamatan ulaweng untuk menghimbau seluruh warga agar ikut mengawal pesta demokrasi yang tinggal beberapa bulan lagi akan digelar, kami berharap tidak melakukan pengrusakan terhadap baliho yang terpasang,”lanjutnya.

Lebih jauh Kapolsek berharap kepada masyarakat Ulaweng agar tetap damai, jika ada yang menemukan dan mengetahui melakukan pengrusakan Baliho atau pidana lainnya maka segera laporkan kepada kami, harap Kapolsek.

Tujuan patroli juga agar memberikan rasa aman, perlindungan dan pengayoman masyarakat, diperolehnya informasi tentang kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas, serta pembatasan gerak provokator dan separatis di tengah-tengah masyarakat.

Adapun peranan patroli, antara lain, bahwa patroli merupakan tulang punggung Polri dalam upaya mencegah segala bentuk kejahatan/gangguan kamtibmas, sebagai sumber informasi bagi kesatuan, perwujudan kehadiran polri di tengah masyarakat, sarana untuk menyampaikan pesan Kamtibmas kepada masyarakat, melakukan tindakan pertama di tempat kejadian perkara, dan mencerminkan kesiapsiagaan Polri di sepanjang waktu dalam upaya pemeliharaan dan menjamin kamtibmas.

Sebagaimana tugas pokok Kepolisian yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum dihadapkan dengan kondisi dan karakteristik masyarakat yang modern.

Penulis : Sumarwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password