Ditpolairud Polda Kalsel Luncurkan Aplikasi Online ‘Sipolair’

Tribratanews.polri.go.id- Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Kalsel meluncurkan aplikasi “Sipolair” agar masyarakat pesisir mudah mendapatkan pelayanan kepolisian.

“Aplikasi ini sebagai implementasi dari Program Promoter Kapolri, yakni kita tonjolkan dari sisi modern-nya,” kata Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana, usai memimpin upacara peringatan HUT Ke-67 Polairud di Mako Direktorat Polisi Perairan dan Udara Polda Kalsel, Selasa (5/12/2017).

Menurut Kapolda Kalsel, layanan modern berbasis teknologi informasi ini tentu bisa mengajak masyarakat, khususnya di wilayah perairan untuk ikut melek teknologi. Semua ini untuk memudahkan pelayanan kepolisian tak hanya dilakukan di darat, namun juga wilayah perairan.

Jenderal bintang satu ini mengatakan pelayanan maupun laporan serta pengaduan terkait tindak kejahatan di wilayah perairan dan layanan masyarakat dalam misi pertolongan search and rescue (SAR) bisa dipantau lewat Sipolair.

Hal senada dikatakan, Direktur Polairud Polda Kalsel, Kombes Pol Gatot Wahyudi, untuk aplikasi Sipolair ini bisa diunduh melalui Google Playstore. Keungulan dari Sipolair ini adanya figur panic button, sehingga pengguna layanan yang ingin meminta bantuan segera dari Ditpolairud Polda Kalsel, tinggal menekan tombol tersebut. \

Dimana petugas di pusat komando akan meneruskan informasi darurat ke anggota Ditpolairud Polda Kalsel yang terdekat dari lokasi para penekan tombol untuk segera memberikan bantuan.

“ Tak hanya itu, aplikasi Sipolair ini juga bisa memberi akses berbagai informasi perairan yang ada di Kalimantan Selatan. Sebab, pusat informasi sudah terintegrasi dengan Satpolair yang ada di jajaran Polres di Kalsel,” tuturnya.

Para pengguna jasa pelayaran juga bisa meminta jasa pengawalan melalui online. Syaratnya, cukup mengisi form yang terdapat di aplikasi Sipolair, hingga data segera diteruskan ke kapal patroli yang ada di perairan. “Nantinya, kapal-kapal patroli siap mengawal hingga ke tujuan pengguna jasa pelayaran yang meminta jasa pengawalan,” pungkasnya.

Penulis   : Yudha

Editor     : Alfian

Publish   : Hamsan

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password