HUT Polairud ke-67, Ditpolair Polda Sulsel Siap Amankan Pilkada 2018

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulsel,  Dalam peringatan hari ulang tahun Korps Polairud yang ke-67, Ditpolair Polda Sulsel melaksanakan upacara Parade di halaman Mako Dit Polairud Polda Sulsel Jl. Ujungpandang, Makassar Selasa (5/12/17). Pasukan upacara yang terdiri dari anggota Pol Airud Polda Sulsel, Brimob Polda Sulsel, Sabhara Polda Sulsel, serta diikuti oleh jajaran dari Kodam XIV Hasanuddin, TNI AL, KKLP dan juga dari Sat Pol PP, Basarnas Sulsel.

Korps Polairud yang ke-67 mengasung tema “Korps Polairud siap mewujudkan Polri yang Promoter guna mendukung suksesnya pengamanan pilkada 2018.”

Dalam kesempatan itu Kapolda Sulsel Irjen Pol.Umar Septono Menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang menjelaskan bahwa penegakan hukum pada wilayah perairan dimana Polri berhasil menindak sekurangnya 812 kasus dan menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp. 89.587.995.000,-. Korpolairud juga berhasil dalam melakukan penegakan hukum khusus destructive fishing menggunakan bahan peledak sebanyak 84 kasus.

Pada bidang pembinaan masyarakat, satuan ini telah melaksanakan berbagi kegiatan tatap muka dengan masyarakat, penyuluhan tentang keamanan dan keselamatan pelayaran, serta sambang nusa ke pulau-pulau terluar berpenghuni. Termasuk pula kontribusi dalam kegiatan bantuan SAR pada berbagai wilayah di Indonesia.

Polairud juga telah membuat dan melaksanakan program pencegahan pencurian di kapal di 11 (sebelas) anchorage area yang rawan terhadap pencurian di kapal, Sea Piracy maupun Armed Robbery. Program ini mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak luar negeri karena Polairud telah peduli terhadap keamanan dan keselamatan kapal dan pelaut asing yang berada di Perairan Teritorial Indonesia.

Kegiatan sinergi dan kerjasama juga terus menerus dilakukan baik dengan institusi luar negeri maupun dengan kementerian dan lembaga di Indonesia seperti Bakamla, Bank Indonesia, TNI AL, KKP, Biro Klasifikasi Indonesia, Kementerian Perhubungan.

Dalam kesempatan itu Kapolda Sulsel Irjen Pol. Umar Septono menyampaikan apresiasi kepada Dit Polairud Polda Sulsel dibawah pimpinan Kombes Pol. Purwoko Yudianto yang sudah bekerja dengan baik.

Upacara Peringati Hut Korps Polairud ke-67 juga dihadiri oleh Waka Polda Sulsel Brigjen Pol. Drs. Mas Guntur Laupe, seluruh Pejabat Utama Polda Sulsel beserta Kapolres/Ta se-Sulsel serta undangan pejabat dari Kodam, Lantamal VI, Basarnas, Koops AU II, Sat Pol PP, Kejaksaan dan Ka BNNP.

Ditemui usai upacara, Kapolda Sulsel menegaskan, “Polairud Konsisten menjalankan tugasnya, terutama berperan memberantas peredaran Narkoba, dan mendukung PAM Pilkada 2018, dengan pengamanan dropping logistik Pilkada,” tegas Kapolda.

Upacara Parade HUT Polairud ke 67 di Mako Pokairud juga ditampilkan atraksi Tari Ksatria yang dioeragakan personil Polairud Polda Sulsel dan bhayangkari Polairud Polda Sulsel yang menggambarkan kesetiaan Anggota Polairud dan Bhayangkarinya, dalam keadaan apapun, selain itu juga disuguhkan aksi Marchin Band Gita Ratu Nada asuhan Ketya Bhayangkari Pokairud, Ny. Purwoko Yudi dan menampilkan Angelica Zahwa putri Dir Polairud Kombes Pol Purwoko Yudianto.

IMG-20171205-WA0004

Penulis : Taufik

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password