Polisi Tetapkan Seorang Tersangka Perkelahian yang Libatkan 3 Warga di Tanggamus Lampung

IMG_20171205_10900

Tribaratanews.polri.go.id – Polda Lampung – Unit Rerkrim Polsek Pugung Polres Tanggamus akhirnya menetapkan Januari (55) sebagai tersangka penganiayaan dalam perkelahian melibatkan 3 warga.

Peristiwa perkelahian antara 3 warga Pekon Rantau Tijang Kecamatan Pugung, Tanggamus antara Nawawi (57), Kanedi (45) dan Januari (55) yang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB hari Selasa (28/11/2017) yang lalu, mengakibatkan ketiganya harus dirawat di 3 Rumah Sakit (RS) yang berbeda akibat luka benda tajam.

“Hasil gelar perkara kemarin, Senin, 4 Desember 2017 dan merujuk keterangan saksi-saksi, Januari memenuhi unsur penganiayaan berat terhadap Nawawi. Januari ditetapkan sebagai tersangka dan terhitung mulai hari ini, Januari di tahan di Polres Tanggamus”, kata Kapolsek Pugung Ipda Mirga Nurjuanda, S.Sos mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, S.Ik. M.Si. Selasa (5/12/17).

Lanjutnya, dalam perkara penganiayaan tersebut berkas penganiayaan disidik secara terpisah dan terhadap korban Kanedi akan disidik lebih lanjut menunggu hasil pemeriksaan saksi-saksi. “Walaupun satu rangkaian kejadian tetapi karena waktu kejadian terpisah walaupun sehingga dibuatkan berkas terpisah”, ujar Ipda Mirga Nurjuanda.

Kapolsek mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan tersangka, motifnya hanya ketersinggungan antara Nawawi dan kejadian tersebut terjadi secara spontanitas.

Sementara itu terkait kondisi kesehatannya Nawawi dan Kanedi, Kapolsek menjelaskan bahwa keduanya saat ini dalam kondisi sudah membaik. Terhadap kondisi Januari sendiri walaupun luka didada masih diperban tetapi dalam proses kondisi yang baik.

“Alhamdulillah, kondisi keduanya semakin membaik, terhadap Nawawi sudah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik. Tetapi Kanedi belum dimintai keterangan karena kondisi fisik masih dalam penyembuhan luka-luka”, jelas Ipda Mirga.

Untuk mempertanggung perbuatannya Januari dijerat pasal 354 ayat 1 KUHPidana junto 351 ayat (2) KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara maksimal 8 tahun.

Kapolsek menghimbau guna mencegah terulangnya kejadian seperti itu, hendaknya masyarakat saling toleransi sesama tetangga dan jika terjadi masalah lebih baik diselesaikan secara kekeluargaan. “lebih bagus lagi melibatkan Bhabinkamtibmas”, harapnya.

Ditambahkan Ipda Mirga Nurjuanda, guna mengantisipasi kejadian pasca ditahannya Januari, pihaknya akan memediasi untuk mendamaikan keluarga. “Dan terkait rumah yang berdekatan antara tersangka dan korban, kedepan kami bersama-sama para tokoh masyarakat, aparatur pekon dan Uspika akan mencari langkah terbaik sehingga tidak terjadi pertikaian lagi dikemudian hari”, tegasnya. (*)

Penulis : N.Muslih / Polres Tanggamus
Editor : Alfian Nurnas
Publish : N.Muslih Lpg

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password