Kebiasaan Live Facebook Saat Operasi, Kasatpol PP Kota Ternate Dilirik Polda Malut

Tribratanews.polri.go.id – Polda Maluku Utara, Kebiasaan live media sosial (Facebook) saat melaksanakan operasi razia terhadap masyarakat baik orang dewasa maupun siswa-siswa atau anak dibawah umur sebagaimana yang dilakukan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kote Ternate, Fhandi M Thumina bukan hanya disoroti oleh Lembaga Suadaya Masyarakat (LSM) di Maluku Utara (Malut), sebab kebiasaan tersebut juga membuat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Malut, Brigjen Pol Drs. Achmat Juri M.Hum angkat bicara.

“Masalah ini nanti akan kita pelajari, jika pihak keluarga selaku korban merasa terhina dengan kebiasaan itu maka bisa kita terapkan dengan pasal 27.” tegas Kapolda Malut, melalui Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus), Kombes Pol Masrur. Senin (4/12/2017).

Meski begitu lanjut Kombes Pol Masrur, untuk membuktikan itu semua, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan pada tiga ahli yakni ahli ITE, ahli bahasa dan ahli pidana.

“Kalau masalah ini ahli nyatakan cukup bukti, maka yang bersangkutan harus kita proses lebih lanjut, namun jika dari beberapa ahli itu menyatakan tidak cukup bukti maka itu akan kita hentikan.” tegasnya.

Meski begitu kata perwira tiga bunga di Mapolda Malut, saat ini Polda Malut masih belum bisa berbuat banyak terkait dengan masalah ini, sebab masalah ini belum ada laporan resmi dari pihak korban.

“Pada intinya kalau masalah ini dilaporkan oleh orang yang merasa dirugikan maka akan kita tindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.” akunya.

Sementara itu secara terpisah, Ketua (LSM) peduli perempuan dan anak, Daulat Perempuan Maluku Utara (Daurmala), Nurdewa Safa menegaskan, kebiasaan yang dilakukan Kasatpol PP Kota Ternate saat melakukan penertiban dan ditampilkan secara live Facebook itu akan di bawah hingga ke proses hukum jika perbuatan tersebut masih terus dilakukan apalagi yang bersasaran pada anak di bawah umur.

“Kalau sampai masih buat lagi, maka kami tidak segan-segan memproses hokum.” tegasnya.

Bahkan dia juga menegaskan, selain melakukan proses hukum terhadap Kasatpol PP atas kebiasaan itu, dirinya juga akan menyampaikan ke pimpinannya yakni Walikota Ternate dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate sehingga permasalah ini bisa benar-benar terselesaikan.

“Sejauh ini kita juga masih terus melakukan pemantauan di Facebook dia (Fhandi), dan saat ini belum ada yang mengarah ke situ.” tuturnya.

Terpisah Kasatpol PP Kota Ternate, Fhandi M Thumina megatakan, dirinya tidak mau berkomentar banyak, namun kebiasaan yang dilakukan itu tidak ada permasalahan apa-apa.

“Terserah kalian mau tulis saya seperti apa di media tulis saja, yang jelas saya no coment.” katanya dengan nada keras.

Penulis             : Wanto Tftt

Editor              : Alfian Nur

Publish            : Mandala

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password