Bubarkan Balapan Liar, Polsek Mamajang Amankan 14 Unit Motor

Tribrtanews.polri.go.id – Polda Sulsel, Polsek Mamajang membubarkan balapan liar di Jl. Veteran Selatan Makassar, Sabtu (2/12/17) pukul 04.00 wita. Balapan liar tersebut sudah meresahkan warga, sebanyak 14 unit motor diamankan dilokasi kejadian.

Pembubaran tersebut berawal saat personil Mamajang melakukan patroli di jalan Veteran Selatan kemudian mendapati sekelompok anak muda sedang balap liar. Selanjutnya dilakukan pengejaran terhadap sekelompok pemuda tersebut, namun beberapa melarikan diri dan meninggalkan sepeda motornya di lokasi.

Kapolsek Mamajang Kompol Christian Kadang mengatakan pihaknya akan terus melakukan penertiban terhadap balapan liar. Pasalnya balapan itu membahayakan pengendara dan juga orang lain.

“Penonton balap liar juga kami bubarkan dan ketika dari rekaman video dan CCTV yang ada di Command Center Polrestabes Makassar, mereka juga melakukan balapan liar sebelumnya maka akan diamankan pula,” terang Christian.

Para orangtua yang datang ke Polsek Mamajang untuk menjemput anaknya yang terjaring oleh Tim Brantas Balap Liar Polsek Mamajang menyampaikan rasa terima kasihnya karena polisi telah melakukan penindakan terhadap anak-anak yang balap liar. Para orang tua mengakui baru tahu kelakuan anaknya saat dimalam hari.

Kapolsek Mamajang juga mengingatkan kepada orang tua agar mengawasi anak-anaknya. “Memang miris, beberapa anak dibawah umur ini lolos pengawasan orangtuanya hingga pada akhirnya kedapatan balapan liar sekitar 03.00 dini hari,” pungkasnya.

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi
ke komunitas, sekolah dan masyarakat.

Adapun yang menyebabkan remaja masuk kedalam dunia balap liar ada beberapa faktor diantaranya.

  1. Tidak mempunyai seorang panutan dalam memahami nilai- nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
  2. Pengaruh lingkungan kehidupan social yang tidak baik seperti lingkungan yang dekat dengan arena balap.
  3. Memiliki hobby bahkan potensi untuk menjadi pembalap namun bakatnya tidak bisa disalurkan karena minimnya dana yang dimiliki dan arena balap yang kurang memadai.

Balapan liar sendiri memiliki sisi negatif dan akibat bagi pelakunya, diantaranya.

  1. Kematian

Pembalap sangat mudah kecelakaan karna mereka melaju dengan kecepatan tinggi, apabila ada kelalaian sedikit, yang terjadi adalah kecelakaan. Kecelakaan itupun relatif keras sehingga akibat nya adalah kematian.

  1. Nilai Pendidikan

Nilai Pendidikan Rendah Balapan liar relatif selalu di lakukan di malam hari, ini menyebabkan para siswa tidak belajar. Nilai mereka pun rendah daripada siswa yang tidak mengikuti balapan liar.

  1. Dijauhi lingkungan social

Kebanyakan siswa-siswa yang mengikuti balapan liar ialah siswa yang nakal, otomatis lingkungan sosial/ masyarakat menjauhi mereka karena rasa tidak senang.

Penulis : Marwan

Editor : Alfian

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password